Home / Tips dan Trik / Cara Lengkap Uninstall Program Aplikasi Di Laptop Sampai Bersih
Cara Lengkap Uninstall Program Aplikasi Di Laptop

Cara Lengkap Uninstall Program Aplikasi Di Laptop Sampai Bersih

Seperti yang kita ketahui bersama, semakin banyak program aplikasi yang terinstall di laptop akan membuat kinerja laptop semakin menurun. Oleh sebab itu diperlukan cara untuk uninstall program aplikasi di laptop yang baik dan benar sehingga proses penghapusan program aplikasi tidak menyisakan sampah.

Pada dasarnya, sistem operasi Windows yang telah terinstall di laptop anda mempunyai fasilitas untuk uninstall program aplikasi. Fungsinya tentu guna mempermudah Anda didalam menghapus program aplikasi sampai benar-benar bersih baik dari sisi file maupun dari sisi catatan registry.

Selain menggunakan fitur bawaan Windows yang ada di laptop Anda, terdapat pula program aplikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi untuk uninstall aplikasi di laptop anda. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, aktivitas menghapus atau uninstall program aplikasi dari laptop semakin mudah serta semakin bersih.

Ada sejumlah pengguna laptop yang belum tahu cara uninstall program aplikasi dengan baik dan benar. Mereka menghapus Secara manual aplikasi dengan cara mendelete folder atau file yang ada di dalam program file. Padahal, teknik tersebut hanyalah menghilangkan file-file untuk aplikasi yang bersangkutan, namun tidak menghapus catatan registry yang ada di Windows. Jika cukup banyak catatan registry pada Windows yang tidak dihapus pada saat uninstall program aplikasi, maka performa pada laptop tetap saja akan menurun meskipun anda sudah Uninstall program aplikasi dalam jumlah yang banyak.

Dari kondisi itulah, maka sekarang kita sudah mengetahui bahwasanya uninstall program aplikasi di laptop haruslah lewat fitur uninstall pada Windows maupun memakai program aplikasi pihak ketiga yang digunakan khusus untuk menghapus program. Menghapus atau uninstall program aplikasi sesuai dengan prosedur akan menghilangkan semua file file dari program aplikasi yang bersangkutan, mulai dari file aplikasi sampai dengan catatan registry.

Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop

Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba untuk membahas secara lengkap langkah uninstall program aplikasi di laptop sampai benar-benar bersih. Sistem operasi yang digunakan pada laptop adalah Microsoft Windows. Sebagai bahan praktek, penulis menggunakan Windows 7. Namun, Teknik ini juga bisa diterapkan untuk seluruh versi Windows, baik versi sebelum Windows 7 maupun versi setelah Windows 7.

Baca:   Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Recycle Bin Windows

1. Cara Uninstall Program Aplikasi Di Laptop Menggunakan Programs And Features

Cara pertama untuk uninstall program aplikasi di laptop adalah dengan memanfaatkan fasilitas programs and features yang telah disediakan pada Windows 7. Fitur ini merupakan fitur bawaan, sehingga laptop Windows 7 anda sudah pasti memilikinya. Anda cukup mengakses fasilitas tersebut, maka anda sudah bisa uninstall program aplikasi yang dimaksud.

Langkah pertama, silakan Anda masuk Control Panel dengan cara Klik tombol Start, kemudian pilih Control Panel.

add or remove programs pada control panel windows 7

Setelah jendela control panel terbuka, silakan Anda klik menu Programs And Features.

programs and features windows 7

Jendela berikutnya yang akan muncul adalah jendela Programs And Features. Pada jendela tersebut, anda sudah bisa mulai memilih aplikasi mana yang akan anda uninstall atau anda hapus (Misalnya penulis akan uninstall aplikasi Bit Torent). Silakan Anda pilih aplikasi tersebut, kemudian Klik tombol Uninstall.

uninstall dari programs and features Windows 7

Akan dimunculkan Wizard Uninstall aplikasi yang akan pemandu anda pada proses penghapusan aplikasi tersebut. Silakan Anda ikuti terus sampai proses Finish.

Selesai dan anda telah berhasil uninstall aplikasi di laptop. Anda bebas untuk menghapus aplikasi mana saja yang ada di laptop, asalkan tersedia pada jendela Programs And Features.

2. Cara Uninstall Program Aplikasi Di Laptop Menggunakan CCleaner

CCleaner merupakan software yang berguna untuk membantu proses maintenance pada komputer atau laptop berbasis Windows. Tentunya, aplikasi CCleaner ini memiliki segudang fitur, mulai dari fitur membersihkan file sampah, fitur membersihkan registry sampah, sampai dengan fitur untuk uninstall aplikasi yang sudah tidak anda butuhkan lagi di laptop. Cara yang bisa dikerjakan juga tergolong cukup mudah. Silakan disimak urutannya sebagai Berikut.

Langkah pertama, silakan Anda buka software aplikasi CCleaner. Caranya dengan double klik Icon CCleaner di desktop atau Klik tombol START, kemudian pilih All Programs, lalu pilih CCleaner, kemudian pilih CCleaner. Selain itu, memanggil software aplikasi CCleaner bisa anda lakukan dengan Klik tombol Start, lalu ketikan perintah “CCleaner“, nantinya, program aplikasi CCleaner akan ditampilkan dan anda cukup mengkliknya saja.

Baca:   Tips Mengatasi Android Tidak Bisa Mengakses Internet

Home aplikasi CCleaner free

Setelah jendela CCleaner terbuka, Silakan masuk ke menu tools yang ada di sebelah kiri. Untuk software aplikasi CCleaner versi 5.48.6834, lokasi tombol tools tersebut berada di urutan ketiga dari atas atau dari bawah (persis berada di tengah-tengah secara vertikal). Langkah berikutnya, pilih menu Uninstall Program yang berada di samping kiri bagian paling atas.

tools uninstall CCleaner

Dari tahap ini, anda sudah bisa memilih program aplikasi mana yang akan anda uninstall dari laptop, kemudian Click tombol Uninstall. Selanjutnya, Wizard akan Pemandu anda di dalam proses uninstall Program aplikasi pada laptop. Silakan Anda ikuti sampai tahap Finish.

Pilih aplikasi yang akan di uninstall pada ccleaner

3. Cara Uninstall Program Aplikasi Di Laptop Menggunakan Revo Uninstaller

Software aplikasi Revo Uninstaller adalah software khusus yang memang berfungsi membantu anda di dalam uninstall program aplikasi. Karena memiliki fungsi khusus untuk uninstall program aplikasi di laptop, maka kualitas dari aplikasi Revo Uninstaller juga lebih baik dibandingkan dengan software ataupun fitur install yang sudah dibahas sebelumnya.

Software Revo Uninstaller benar-benar mampu untuk mendeteksi serta menghapus file-file serta catatan registry yang ada di Windows berdasarkan nama aplikasi yang di install. Setelah proses penghapusan file selesai, software Revo Uninstaller akan kembali bekerja mendeteksi catatan registry di Windows guna memastikan Apakah ada yang tersisa atau tidak. Apabila ditemukan Masih ada sisa catatan registry dari aplikasi yang di uninstall, maka akan ditampilkan kembali dan anda diberikan opsi untuk menghapusnya secara langsung.

Bagaimana cara menggunakan software Revo Uninstaller ini? Silakan anda Simak urutannya sebagai berikut.

Langkah pertama, silahkan anda jalankan software aplikasi Revo Uninstaller. Bisa dilakukan lewat tombol Start Menu atau bisa juga dikerjakan dengan cara klik 2 kali shortcut Revo Uninstaller yang ada pada desktop. Jendela Revo Uninstaller akan terbuka dengan menampilkan list software yang sudah terinstall pada laptop atau komputer.

Baca:   Daftar Dan Spesifikasi Lengkap Laptop Terbaik Untuk Pembisnis Pemula

Home Revo Uninstaller

Selain software aplikasi yang terinstall, anda juga bisa uninstall aplikasi bawaan Windows atau sering disebut dengan istilah Windows Feature atau Windows APPS

Windows Feature atau Windows App pada Home Revo Uninstaller

Pada tahap selanjutnya, anda cukup memilih software aplikasi yang akan di uninstall, kemudian klik tombol Uninstall. Dari tahap ini, silahkan anda ikuti Wizard yang tampil sampai Finish.

pilih aplikasi yang akan di uninstall pada Revo Uninstaller

Setelah proses Uninstall selesai, biasanya akan ditampilkan informasi catatan registry Windows dan Catatan file-file yang masih tersisa dan tidak ikut terhapus pada proses uninstall diatas. Anda bisa menghapus secara manual file-file sampah tersebut. Caranya adalah Klik tombol Select All, kemudian pilih tombol Delete

Registry sampah aplikasi Skype pada revo uninstaller

file sampah aplikasi pada revo uninstaller

Revo Uninstaller juga memiliki fitur backup dan restore yang bisa anda manfaatkan jika terjadi kesalahan pada saat uninstall aplikasi. Jadi jika anda ingin mengembalikan software aplikasi yang sudah di hapus, gunakan saja fitur Bacup Manager. Cara menggunakannya adalah anda cukup masuk ke menu Bacup Manager, kemudian memilih kapan software aplikasi yang anda maksud dihapus. Lanjutkan dengan klik tombol Restore.

Bacup manager Revo Uninstaller

Secara umum, cara uninstall software aplikasi di laptop sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan fitur bawaan dari Windows yang bernama Programs and Features. Jika ingin mendapatkan fasilitas lebih lengkap, anda bisa mencoba menggunakan software aplikasi Revo Uninstaller yang mampu meng uninstall software aplikasi pada laptop sekaligus menghapus file sampah dan registry sampah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Software browser Google Chrome mempunyai picture in picture mode yang berfungsi bagi anda untuk menjadikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *