Home / Tips dan Trik / Cara Lengkap Foto Bokeh Pada Smarthone Android Modal Hanya 1 Kamera
Cara Lengkap Foto Bokeh Pada Smarthone Android Modal Hanya 1 Kamera

Cara Lengkap Foto Bokeh Pada Smarthone Android Modal Hanya 1 Kamera

Barangkali, sekarang ini anda sedang memiliki niat untuk membeli smartphone yang memiliki dual kamera agar dapat digunakan sebagai kamera foto bokeh, namun terhalang sama kondisi keuangan yang tidak begitu baik. Santai saja, karena pada smartphone Android yang masih mempunyai 1 buah kamera tetap dapat digunakan untuk membuat foto dengan kondisi background yang blur atau kabur.

Cara Mudah Membuat Foto Bokeh Pada Smartphone Yang Hanya Memiliki Satu Kamera Utama

Apakah anda cukup penasaran untuk mengetahui cara mudah membuat foto bokeh pada smartphone yang memiliki 1 kamera utama? Pada artikel kali ini penulis akan mencoba untuk menguraikan secara singkat bagaimana cara mudah membuat foto bokeh pada smartphone Android.

Namun sebelumnya, perlu diketahui jika anda membuat foto bokeh dengan smartphone Android berkamera 1, teknik menjadikan foto blur kebanyakan adalah menggunakan trik saja. Berbeda dengan artikel yang akan penulis bahas di kesempatan kali ini, dimana terdapat teknik khusus menjadikan kamera pada smartphone anda bisa memperoleh hasil yang tidak kalah bagusnya dengan smartphone yang memiliki harga sampai puluhan juta rupiah. Oleh karena itu, Silakan anda Simak terus uraian berikut ini.

1. Dekatilah Objek Yang Hendak Difoto

Foto bokeh tentunya mempunyai titik fokus terhadap sebuah objek yang secara umum akan memenuhi frame foto tersebut. Oleh karena itu, di dalam mengerjakannya, anda diharuskan untuk mendekat pada objek yang akan difoto. Sebagai catatan, yang harus diatur yaitu jarak kamera ke objek, bukan memanfaatkan fasilitas Zoom pada kamera.

Anda dapat memastikan bahwa cara kamera dengan objek yang akan difoto sekitar 1,5 m sampai dengan 2,5 m. Selanjutnya, setelah jarak cukup dekat, pastikan pula anda menempatkan objek utama yang akan difoto di posisi paling depan frame atau dikenal pula posisi foreground.

Baca:   Kegunaan Factory Reset di Android Yang Harus Diketahui

2. Aturlah Jarak Antara Objek Foto Dengan Latar Belakang Atau Background

Jika anda sudah mengatur jarak antara kamera dengan objek yang akan difoto, anda juga wajib untuk mengatur jarak objek yang akan difoto dengan bagian latar belakang atau background. Usahakan untuk menghindari background yang terlalu dekat, misalnya tembok atau bagian yang lainnya. Pada intinya, semakin jauh jarak objek dengan background, maka akan semakin blur atau kabur foto bokeh yang bisa anda peroleh.

3. Hindari Pula Terlalu Banyak Objek Foto Dan Background Yang Rame

Guna meningkatkan kualitas foto bokeh, anda diwajibkan untuk menghindari objek yang terlalu banyak di dalam frame foto anda. Secara sederhana, model portrait pada pembuatan foto bokeh hanya bisa bekerja apabila seluruh objek ada pada posisi sejajar. Apabila anda hendak berfoto dengan teman-teman, anda hanya dapat mengerjakannya pada grup dengan jumlah yang sedikit. Pada bagian ini, penulis memberikan saran kepada anda untuk mengambil foto dengan 2 atau 3 teman saja agar hasil dari foto bokeh lebih maksimal.

4. Menggunakan Fokus Manual Dengan Cara Tap Pada Bagian Objek

Guna memperoleh hasil paling baik, sesaat sebelum anda menjepret objek, Anda harus mengatur titik fokus pada objek yang hendak difoto tersebut. Teknik yang bisa anda kerjakan yaitu dengan cara tap pada bagian wajah dan juga objek yang ada pada bagian foreground. Apabila ada pada kondisi yang lumayan terang, anda dapat mensetting jumlah eksposur nya.

Disamping itu, Anda juga dapat memakai fasilitas fokus manual yang telah disediakan pada sejumlah kamera. Dengan memanfaatkan setting tersebut, anda dapat mengatur tingkat blur serta jarak fokus pada kamera smartphone anda.

Baca:   Cara Mengatasi Masalah Game Yang Keluar Sendiri di Android

5. Selalu Ingat Komposisi Rule Of Third

Satu unsur yang sangat penting di dalam menciptakan foto bokeh paling baik yaitu dengan cara mengatur komposisi. Menaruh objek foto pada posisi yang pas bisa menjadikan foto semakin dramatis menggunakan background yang blur.

Adapun komposisi yang rata-rata digunakan oleh para fotografer yaitu rule of trade. Untuk bisa mengikutinya, anda dapat mengaktifkan grid di bagian layar sebagai acuannya. Mulailah dengan menempatkan objek di bagian garis vertikal, baik yang ada disebelah kanan maupun kiri, serta Sisakan background yang ada pada sisi sebaliknya.

6. Menggunakan Fitur Lens Blur Pada Google Camera

Di samping sejumlah metode yang sudah dibahas di atas, Anda juga dapat menggunakan fasilitas lens blur yang terdapat di aplikasi Google Camera. Untuk bisa memanfaatkan mode ini, anda wajib memiliki jarak 1,5 meter dari objek yang akan difoto, kemudian mengambil foto dengan cara menggerakan smartphone anda ke arah atas secara perlahan-lahan.

Teknik mode lens blur ini Tentunya bisa anda kerjakan dengan cukup mudah Meskipun tidak memakai smartphone yang memiliki kamera sejumlah dua atau lebih. Meskipun hasil yang diperoleh Belumlah sempurna, hasil fotonya sudah cukup bagus untuk di shared lewat sosial media.

7. Memakai Aplikasi Editing Untuk Foto Bokeh

Smartphone di zaman sekarang ini telah memiliki spesifikasi merah yang lumayan Canggih, bahkan pada beberapa kamera sudah dapat menandingi kualitas kamera profesional. Supaya bisa menciptakan foto background yang blur dan menakjubkan, anda dapat memakai sejumlah aplikasi.

Pada Google Play Store, anda dapat memasang sejumlah aplikasi untuk keperluan editing foto bokeh, diantaranya yaitu lensa blur, picsart, afterfocus dan lain sebagainya. Anda dapat memilih berdasarkan kebutuhan yang anda miliki.

Baca:   Cara Mematikan Windows Update Atau Auto Update Di Windows 10

Demikianlah Uraian singkat tentang cara mudah untuk membuat foto bokeh pada smartphone yang hanya memiliki 1 kamera utama di belakang. Semoga saja, walaupun hasil dari tulisan ini tidaklah sempurna, setidaknya sudah bisa membantu anda di dalam menciptakan foto bokeh yang memiliki fungsi lumayan bagus. Terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *