Home / Tips dan Trik / Cara Jitu Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Atau Di Komputer
Cara Jitu Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Atau Di Komputer

Cara Jitu Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Atau Di Komputer

Tanpa sengaja, kadangkala sejumlah file yang ada di laptop maupun komputer bisa terhapus. Dari kasus tersebut tentunya kita memerlukan cara untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop mapun di komputer. Dengan begitu maka file-file penting milik kita bisa kita miliki kembali.

Beragam hal bisa menjadikan file kita terhapus dari laptop dan komputer, terutama hal-hal yang tidak disengaja. Oleh sebab itulah, maka kita harus sangat hati-hati didalam menggunakan laptop agar kita tidak kehilangan file-file penting akibat kesalahan dalam penggunaan.

Daftar Isi:

  1. Penyebab File Terhapus Pada Laptop Atau Komputer
  2. Cara Menjaga Agar File Tidak Terhapus Secara Tidak Sengaja
  3. Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Atau Komputer

Terhapus atau hilangnya file pada komputer juga dibedakan menjadi 2 macam, yaitu file yang terhapus secara sementara (file masuk ke recycle bin) dan terhapus secara permanen (file terhapus secara permanen dan tidak masuk ke recycle bin). Tentunya cara mengembalikan file yang sudah dihapus atau terhapus permanen di laptop lebih sulit dibandingkan dengan yang terhapus sementara dan masuk ke recycle bin.

Sebelum kita membahas mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dan dikomputer, ada baiknya kita memahami sejumlah penyebab file di laptop atau di komputer terhapus. Berikut ini adalah penjelasannya.

Penyebab File Terhapus Pada Laptop Atau Komputer

1. Tombol Del Keyboard Yang Tidak Sengaja Terpencet

Kondisi ini memang sangat jarang terjadi. Terlebih, penghapusan data atau file di laptop dan komputer selalu menampilkan jendela konfirmasi penghapusan. Meskipun demikian, tetap saja bisa terjadi. Minimal, jika tidak diakibatkan oleh ketidak sengajaan penghapusan file, diakibatkan oleh file yang sengaja dihapus, namun ternyata sadar dan menyesal ternyata file tersebut masih dibutuhkan.

2. Listrik Yang Tiba-Tiba Padam

Kondisi listrik yang tiba-tiba padam sangat berpotensi membuat file dan data pada komputer hilang. Minimal jika tidak hilang, ada beberapa file yang corrupt atau rusak. Kondisi seperti itu memang kerap terjadi bagi yang sering bekerja pada komputer dengan aktifitas harddisk cukup tinggi, misalnya adalah pada pekerjaan rendering file multimedia.

3. Kondisi Harddisk Yang Sudah Rusak Atau Ada Bagian Yang Bad Sector

Harddisk adalah media penyimpanan pada komputer yang masih cukup populer untuk saat ini. Keberadaannya untuk menyimpan file dan data belum tergeserkan oleh media yang lain, meskipun SSD sudah mulai kuat untuk menggeser posisinya.

Jika media penyimpanan data dan file saja sudah mulai mengalami kerusakan, maka sangat dimungkinkan file atau data yang ada didalamnya ikut rusak bahkan hilang. Kadang kala, meskipun belum rusak, harddisk yang sudah terdapat bad sector juga bisa menyebabkan file pada laptop dan komputer hilang. Tentunya jika kebetulan file atau data yang ada pada harddisk tersimpan pada area yang bad sector tersebut.

4. Komputer Terserang Virus

Virus adalah salah satu penyebab paling banyak file dan data pada laptop dan komputer hilang. Karakter virus didalam menghilangkan file dan data juga cukup beragam, mulai dari hanya menyembunyikannya saja (meng hidden file), mengenkripsi file atau data sampai dengan yang benar-benar menghapus secara permanen seluruh file dan data pada laptop dan komputer. Oleh sebab itu, kita memang harus benar-benar hati-hati terhadap serangan virus komputer.

5. Kerusakan Sistem Operasi

Memang jarang terjadi kasus kehilangan file yang disebabkan oleh kerusakan sistem operasi, misalnya OS Windows. Namun, pada beberapa kasus, Windows yang hang atau crash ternyata mampu membuat sejumlah file lenyap alias hilang. Keadaan tersebut biasanya terjadi pada saat anda sedang membuat file, kemudian tiba-tiba laptop atau komputer hang/crash, kemudian setelah di reset, ternyata file yang tadinya sedang dibuka raib entah kemana.

Cara Menjaga Agar File Tidak Terhapus Secara Tidak Sengaja

Setelah kita memahami sejumlah penyebab file pada laptop atau komputer terhapus alias hilang, mari kita bahas beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai antisipasi guna manjaga agar file atau data tidak terhapus baik itu sengaja maupun yang tidak disengaja.

1. Bekerja Dengan Konsentrasi Dan Istirahatlah Jika Sudah Mengantuk

Menghindari bekerja didepan komputer dalam kondisi mengantuk adalah salah satu jalan agar tidak terjadi pengapusan file secara tidak sengaja. Kadangkala, ketika sedang mengantuk, pergerakan tangan pada keyboard tidak terkontrol sehingga bisa jadi ada jari yang menekan tombol Del yang pada akhirnya akan menghapus file.

Bekerja dengan konsentrasi tinggi juga akan menjadikan sejumlah aksi pada komputer lebih terkontrol sehingga beragam file dan data pada laptop dan komputer lebih aman. Selalu pikir ulang jika anda akan menghapus file atau data, apakah benar-benar sudah tidak dibutuhkan. Jika anda masih ragu, urungkan terlebih dahulu niat menghapus file yang dimaksud.

Baca:   Cara Mengatasi Product Activation Failed Pada Microsoft Office 2016

2. Gunakan UPS, Minimal Stabilizer

UPS adalah alat yang mampu membacup listrik dan menggunakannya pada saat listrik mengalami padam secara tiba-tiba. Dengan UPS, ketika komputer sedang digunakan dan tiba-tiba listrik padam, maka komputer tidak akan langsung ikut padam, namun akan tetap bertahan menyala beberapa menit lamanya. Dengan begitu, anda akan ada waktu untuk menyimpan semua pekerjaan anda pada komputer sebelum mematikannya.

Jika kondisi tegangan listrik dirumah tidak stabil (naik/turun secara mendadak) dan sering mengakibatkan komputer restart, anda bisa menambahkan stabilizer guna menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke komputer sehingga akan lebih aman bagi komputer itu sendiri.

3. Scan Disk Secara Berkala

Melakukan scan disk secara berkala akan bisa meminimalisir tingkat kerusakan pada harddisk. Scan disk akan melakukan beberapa proses perbaikan Pada hardisk Yang terjadi secara software. Proses scan disk juga akan mampu mendeteksi kerusakan harddisk secara hardware, yakni bad sector. Ketika kita sudah mengetahui adanya bad sector pada hardisk, maka kita bisa melakukan antisipasi, Yakni dengan menghindari lokasi bad sector untuk menyimpan file.

Bahkan, pada instalasi sistem operasi, Kita juga bisa membuat partisi kosong yang didalamnya terdapat bad sector sehingga bisa dilompati untuk tidak diinstal sistem operasi. Intinya, dengan menghindari File atau data ditulis pada lokasi bad sector, maka akan menghindarkan kita dari kehilangan File atau data tersebut.

4. Menginstal Antivirus

Keberadaan antivirus pada komputer merupakan hal yang wajib. Bahkan, untuk saat ini kita sangat disarankan untuk menginstal 2 antivirus sekaligus, yakni antivirus lokal dan antivirus luar. Tujuannya adalah untuk membendung berbagai macam serangan baik itu serangan virus lokal maupun virus luar.

Ketika kita bisa berhasil mencegah berbagai macam serangan virus, maka tentunya komputer akan lebih aman. Jangan lupa untuk selalu mengupdate database dari anti virus sehingga anti virus tersebut akan selalu mampu untuk mendeteksi varian virus Baru. Akan lebih baik lagi Jika anda memiliki dana berlebih untuk bisa menginstall antivirus premium yang memiliki kekuatan proteksi lebih baik dibandingkan dengan antivirus gratis.

5. Instal Ulang Sistem Operasi

Instal ulang sistem operasi bisa dilakukan manakala komputer anda sering mengalami error atau hang ketika bekerja. Namun tentunya Anda harus memastikan bahwa sumber permasalahan berasal dari sistem operasi, misalnya adalah Windows. Dengan melakukan instal ulang sistem operasi maka kondisi komputer akan kembali seperti baru lagi dan tentunya performa yang dimiliki oleh komputer tersebutakan kembali menjadi baik.

Apabila komputer yang sering mengalami hang atau error dikarenakan oleh masalah hardware, maka anda harus mengganti hardware yang rusak tersebut. Adapun komponen yang kerap kali menjadikan komputer hang atau Crash adalah pada bagian RAM. Anda bisa mencoba untuk mengatasi permasalahan pada Ram dengan menggantinya dengan yang baru.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Atau Komputer

Setelah kita memahami berbagai macam hal yang bisa menyebabkan file terhapus pada laptop atau komputer serta cara menjaga supaya file tidak terhapus dengan tidak sengaja, maka Mari kita membahas mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di laptop atau komputer. Cara ini Tentunya perlu dipelajari, sebab sepandai-pandainya kita menjaga keadaan komputer supaya bekerja dengan baik, tetap saja Ada kemungkinan kita kehilangan File atau data.

Untuk bisa mengembalikan file yang terhapus di laptop atau komputer bisa dilihat dari tingkat kerumitannya, apakah File atau data yang terhapus di laptop atau komputer masih berada pada Recycle Bin atau sudah terhapus secara permanen. Untuk mengembalikan data yang masih berada di recycle bin tentunya bisa dilakukan dengan cukup mudah dibandingkan dengan mengembalikan file yang terhapus secara permanen.

1. Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Atau Komputer Yang Masih Berada Di Recycle Bin

Untuk memastikan bahwa file yang terhapus atau sengaja dihapus masih berada di Recycle Bin atau tidak tentunya dengan cara mengecek recycle bin itu sendiri. Silakan Anda klik dua kali shortcut Recycle Bin yang ada di desktop, kemudian silakan Anda lihat apakah file yang terhapus masih ada di dalamnya.

Apabila file yang terhapus masih ada di dalam Recycle Bin, proses mengembalikannya bisa dilakukan dengan cara Klik Kanan file yang akan di kembalikan, kemudian pilih menu Restore.

Baca:   Cara Video Call WhatsApp Di Laptop Atau PC Menggunakan Emulator

restore file dari recycle bin

Apabila Anda ingin mengembalikan seluruh file yang terhapus yang masih ada di dalam Recycle Bin, maka anda bisa Seleksi seluruh file dengan menekan kombinasi CTRL + A, kemudian Klik Kanan dan pilih menu Restore.

restore all file dari recycle bin

2. Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Atau Komputer Yang Terhapus Secara Permanen

Proses pengembalian file yang terhapus di laptop atau komputer tidak bisa dilakukan langsung dengan memanfaatkan Windows, Namun kita harus menginstal software pihak ketiga. Berikut ini adalah beberapa software yang bisa digunakan untuk membantu mengembalikan sejumlah file yang terhapus dari hardisk. Software software yang akan penulis bahas ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan anda.

A. Software Recuva

Software recuva adalah software pertama yang bisa kita gunakan untuk mengembalikan atau recovery file dan data yang terhapus dari hardisk. Software recuva ini adalah salah satu software gratis yang memiliki performa cukup bagus di dalam melakukan scanning beragam file dan data yang terhapus dari hardisk. Sejumlah Data yang bisa ditemukan oleh software recuva ini diantaranya adalah dalam bentuk folder, file dan dokumen serta sejumlah informasi yang lainnya yang tersimpan di dalam hardisk.

Software recuva ini sebenarnya memiliki 2 lisensi, yakni lisensi free, lisensi profesional. Tentunya, recuva professional memiliki kelebihan dibandingkan dengan recuva free. Jika file yang terhapus berada pada virtual hardisk, maka anda bisa mencoba recuva professional. Akan tetapi, jika anda hanya menggunakan single hardisk di komputer tanpa ada virtual hardisk di dalamnya, maka anda bisa menggunakan recuva versi free atau gratisannya.

Cara menggunakan software recuva ini juga cukup mudah, di mana anda bisa mendownload software recuva pada URL https://www.ccleaner.com/recuva. Langkah berikutnya, silakan Anda install software recuva seperti biasa sampai finish. Setelah itu, silakan Anda jalankan software recuva, kemudian pilih lokasi drive dimana file yang hilang disimpan. Selanjutnya, Klik tombol Scan dan tunggulah beberapa saat hingga proses scanning selesai.

recovery data menggunakan recuva

Setelah proses scanning selesai, akan ditampilkan file-file yang sudah pernah dihapus atau terhapus pada laptop atau komputer. Untuk mengembalikannya, silakan Anda Beri tanda ceklist pada file file yang akan dikembalikan. Selanjutnya, Klik tombol Recover…. untuk mengembalikan file tersebut.

recover data recuva

B. Software TestDisk

Software TestDisk adalah software yang bersifat open source sehingga anda bisa menggunakannya secara lintas platform sistem operasi, misalnya Windows, Linux dll. Software TestDisk juga masuk kedalam kategori software free alias gratis.

Pada dasarnya software ini memang ditujukan untuk merecovery partisi yang hilang. Dengan menggunakan software TestDisk, anda bisa pula mengembalikan partisi yang secara tidak sengaja berubah status menjadi RAW partition atau unallocated partition pada menu Disk Management di Windows.

Secara umum, sumber permasalahan diatas dikarenakan oleh ketidaksengajaan menghapus partisi atau mem format ulang. Disamping itu, kesalahan dalam instalasi OS Dual Boot (misalnya Windows dengan Linux) juga kerap kali menjadikan partisi pada laptop atau komputer bermasalah. Bahkan masalah partisi juga bisa muncul jika anda melakukan update Windows atau update software pada laptop atau komputer.

Software TestDisk bisa anda download pada URLhttps://www.cgsecurity.org/wiki/TestDisk_Download

Beberapa tampilan dari software TestDisk adalah sebagai berikut. (ada yang berbasis DOS dan ada pula yang berbasis GUI)

QPhotoRec pada TestDisk

recovery data TestDisk

Create recovery data TestDisk

C. Software Undelete 360

Software Undelete 360 masuk kedalam software freeware yang bisa bebas anda gunakan. Ukuran dari Software Undelete 360 juga sangatlah kecil (kuran dari 5 MB), namun cukup powerfull untuk mengembalikan file atau data yang hilang di laptop dan komputer.

Bahkan, selain diharddisk, Software Undelete 360 juga mampu untuk me recovery pada sejumlah media penyimpanan, seperti flashdisk, floopy disk atau disket dan juga kartu memory pada digital kamera.

Beberapa kemampuan yang dimiliki oleh Software Undelete 360 adalah mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus, file yang terhapus karena kesalahan perintah pada command prompt, file yang terhapus karena kesalahan aplikasi, file yang terhapus karena di cut atau move secara tidak disengaja, file yang terhapus karena menekan kombinasi tombol “Shift + Del”, file yang terhapus berada pada jaringan yang di sharing, file yang terhapus karena tidak masuk recycle bin yang disebabkan ukuran data terlalu besar, file yang terhapus karena virus, dan sejumlah penyebab terhapusnya file dari laptop atau komputer.

Software Undelete 360 bisa anda download pada link http://www.undelete360.com/download.html

Selanjutnya silahkan install software tersebut seperti biasa, kemudian jalankan.

Baca:   Cara Menggunakan Tombol F8 Untuk Masuk Safe Mode Windows 8

pemilihan disk yang akan direcovery pada undelete360

pemilihan file yang akan direcovery pada undelete360

recovery selesai pada undelete360

D. Software EaseUS Data Recovery Wizard

Software EaseUS Data Recovery Wizard bisa anda dapatkan dalam 2 versi, yaitu versi gratisan/free dan versi berbayar/Pro. EaseUS Data Recovery Wizard memiliki kemampuan yang cukup bagus pada proses scanning data yang terhapus. Selanjutnya, software tersebut akan mengelompokan file-file yang telah ditemukan sesuai dengan kategori filenya. Selain file, ternyata EaseUS Data Recovery Wizard juga memiliki kemampuan untuk recovery data email.

EaseUS Data Recovery Wizard juga memiliki kelebihan disamping fungsi utamanya yaitu untuk mengembalikan file yang telah terhapus. Kelebihan yang dimiliki oleh software EaseUS Data Recovery Wizard adalah membacup file atau data-data yang ada pada laptop atau komputer.

Namun yang sangat disayangkan, untuk EaseUS Data Recovery Wizard versi free nya hanya bisa digunakan untuk recovery data maksimal 2 GB. Jika anda akan me recovery data atau file dengan kapasitas diatas 1 GB maka harus menggunakan versi Pro yang sudah tidak gratis lagi.

Software EaseUS Data Recovery Wizard bisa anda dowload pada link https://www.easeus.com/datarecoverywizard/free-data-recovery-software.htm

pilih lokasi yang akan di scan pada EaseUS Data Recovery Wizard

Proses scanning pada EaseUS Data Recovery Wizard

 

E. Software MiniTool Partition Recovery

Pada dasarnya, software MiniTool Partition Recovery berfungsi untuk mengatur partisi pada harddisk. Namun pada perkembangannya, MiniTool Partition Recovery mampu digunakan untuk menyelamatkan data yang hilang pada partisi di harddisk. Software ini juga memiliki tampilan yang sangat sederhana sehingga sangat cocok digunakan oleh para pemula sekalipun.

Hampir sama dengan software recovery yang lainnya, selain recovery file pada harddisk, MiniTool Partition Recovery juga memiliki kemampuan untuk mengembalikan file pada CD dan Email. MiniTool Partition Recovery bekerja pada beberapa format harddisk, seperti FAT12/16/32, NTFS, EXT2/3/4, exFAT dan pada harddisk yang menggunakan koneksi IDE disk, SATA disk, SCSI disk, hard disk mobile, dan beberapa jenis harddisk lainnya.

Untuk sistem operasi yang didukung mulai dari Windows 7, 8 dan 10.

Untuk anda yang ingin mencoba MiniTool Partition Recovery bisa dowload pada URL https://www.minitool.com/free-tools/minitool-partitionrecovery.html

pemilihan drive yang akan di scan pada minitool partition recovery

F. Software ArtPlus Digital Photo Recovery

Sesuai dengan namanya, software ArtPlus Digital Photo Recovery memang ditujukan untuk anda yang ingin mengembalikan file image, audio dan video yang berada pada media penyimpanan image atau video digital (memory card).

Sebagai bentuk perlindungan dan proteksi ekstra software ArtPlus Digital Photo Recovery pada memory card, software ArtPlus Digital Photo Recovery bisa membuat virtual image dari memory card yang disimpan pada laptop atau komputer, sehingga proses recovery nantinya langsung pada virtual image di laptop atau komputer tanpa harus terkoneksi pada memory card.

Software ArtPlus Digital Photo Recovery support pada Windows 7, 8 dan 10. Untuk mencobanya anda bisa kunjungi URL https://www.artplussoftware.com/adapps/eng/dpr.htm

pemilihan file yang akan direstore pada ArtPlus Digital Photo Recovery

pemilihan file yang akan direstore pada ArtPlus Digital Photo Recovery

pemilihan file yang akan direstore pada ArtPlus Digital Photo Recovery

pemilihan file yang akan direstore pada ArtPlus Digital Photo Recovery

G. Software Wise Data Recovery

Software Wise Data Recovery adalah software yang bisa anda coba gunakan untuk mengembalikan file yang hilang pada harddisk laptop atau komputer. Wise Data Recovery diklaim mampu untuk mencari dan menemukan beragam jenis file mulai dari dokument penting, image/foto, video, email dan beberapa jenis file yang lainnya.

Software Wise Data Recovery bisa bekerja pada beberapa format harddisk FAT (FAT12, FAT16, FAT32), exFAT dan NTFS disk. Jenis file yang bisa dikembalikan oleh Software Wise Data Recovery dimulai dari file yang terhapus tidak sengaja sampai dengan partisi yang terformat.

Software Wise Data Recovery juga memiliki kecepatan scanning file yang sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik pada kondisi tertentu. Selain itu, dengan sistem cerdasnya, Software Wise Data Recovery mampu menganalisa tingkat pemulihan file yang terhapus dengan cara menampilkan sejumlah informasi penting tentang file yang bersangkutan sebelum pengguna memutuskan untuk mengembalikannya.

Software Wise Data Recovery juga tersedia versi portablenya, tanpa diinstall pada laptop atau komputer untuk menghindari penimpaan pada file yang terhapus sehingga meminimalisir hilangnya file lebih parah lagi. Software Wise Data Recovery sangat kompetibel pada semua versi OS Windows, mulai Windows XP sampai dengan Windows 10 atau versi terakhir.

Penasaran ingin mencoba Software Wise Data Recovery? Silahkan kunjungi URL https://www.wisecleaner.com/wise-data-recovery.html dan dapatkan softwarenya secara gratis.

pemilihan drive yang akan discan pada Wise Data Recovery

pemilihan file yang akan direstore pada Wise Data Recovery

menentukan lokasi penyimpanan file restore Wise Data Recovery

informasi log tentang recovery data pada Wise Data Recovery

Tentunya sekarang ini anda sudah tidak perlu bingung lagi manakala file di komputer atau laptop anda hilang, sebab setelah anda membaca artikel diatas, anda sudah memahami bagaimana cara jitu didalam mengembalikan file yang hilang, baik itu di laptop maupun dikomputer bahkan pada beberapa media penyimpanan yang lainnya, seperti memory card dan flashdisk. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *