Home / Tips dan Trik / Cara Jitu Mempercepat Koneksi Internet PC Dan Laptop Windows 100% Berhasil
Cara Mempercepat Koneksi Internet Pc Dan Laptop

Cara Jitu Mempercepat Koneksi Internet PC Dan Laptop Windows 100% Berhasil

Pernahkah anda berpikir mengenai cara untuk mempercepat koneksi internet baik di PC dan laptop anda? Aktivitas menggunakan koneksi internet yang pelan sudah pasti akan membuat pengguna merasa tidak nyaman, termasuk produktivitas pekerjaan yang tidak maksimal, bahkan mengalami penurunan. Koneksi internet pada PC dan laptop yang terlalu pelan bisa jadi sangat mengganggu pekerjaan anda yang langsung bersinggungan dengan internet.

Tentu, tidak mudah untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet baik pada PC maupun laptop. Dibutuhkan pengetahuan yang cukup baik untuk melakukan tweaking terhadap koneksi internet Sehingga nantinya mampu untuk mencari jalan keluar dari penyebab koneksi internet yang lemot atau pelan tersebut.

Pada artikel yang lalu, penulis sudah pernah membahas tentang cara mempercepat koneksi internet wifi dengan CMD. Artikel tersebut membahas secara khusus kiat-kiat khusus di dalam meningkatkan kecepatan koneksi Wifi menggunakan fitur command prompt atau CMD yang dimiliki oleh sistem operasi Windows. Cara tersebut juga bisa diterapkan pada beberapa sistem operasi Windows, misalnya adalah Windows 10.

Supaya tutorial mengenai cara untuk mempercepat koneksi internet PC dan laptop ini bisa diterapkan pada semua jenis koneksi, maka pada artikel kali ini penulis mencoba untuk membahas beberapa langkah jitu di dalam meningkatkan kecepatan Koneksi internet. Kondisi yang dimaksud disini adalah jenis koneksi jaringan yang digunakan, Apakah menggunakan kabel maupun wifi.

Selain jenis koneksi jaringan yang bersifat umum atau universal, diharapkan tutorial ini juga bisa diterapkan pada semua versi sistem operasi berbasis Windows, mulai dari Windows XP sampai dengan Windows 10. Sehingga nantinya siapapun bisa mencoba untuk mempraktekkan tahapan demi tahapan mempercepat koneksi internet pada laptop maupun PC.

Langkah-langkah yang akan penulis bahas pada artikel kali ini diterapkan dari dua sisi, yakni dari sisi hardware dan dari sisi software. Sebab, dua jenis perangkat tersebut tentu memegang peranan penting dari sisi kecepatan koneksi internet. Kondisi hardware yang buruk tentu sangat berpengaruh akan kecepatan koneksi internet. Demikian pula konfigurasi software yang keliru, juga sangat berpotensi menjadikan koneksi internet lebih pelan.

Cara mempercepat koneksi internet pada PC dan laptop

1. Pastikan Modem Bekerja Pada Suhu Normal

Hampir semua perangkat digital elektronika akan bekerja maksimal pada suhu yang normal. Artinya, apabila perangkat modem internet anda sudah mengalami overheat atau terlalu panas, maka sangat dimungkinkan performa kecepatan internet yang diberikan kepada klien tidak maksimal dan cenderung Mengalami penurunan.

Oleh sebab itu, lakukan pengecekan Apakah suhu modem naik terlalu tinggi setelah digunakan pada periode tertentu. Apabila modem yang Anda gunakan ternyata bekerja pada suhu yang terlalu tinggi, maka anda bisa mencoba untuk mendinginkan nya. Anda bisa memasang fan case yang diarahkan ke modem tersebut. Tujuannya agar sirkulasi udara di sekitar modem lebih baik dan pada akhirnya akan membuat modem bekerja pada suhu yang normal.

Terlebih, jika modem yang Anda gunakan menyala nonstop 24 jam dalam sehari, 30 hari dalam satu bulan. Sudah barang tentu, modem tersebut wajib dijaga suhunya supaya tetap dalam kondisi normal. Penambahan kipas adalah solusi yang cukup jitu guna membantu membuang suhu panas yang ada pada modem. Dengan demikian, meskipun modem dipacu bekerja non-stop 24 jam sehari, modem tersebut tetap bisa bekerja dengan lancar.

2. Pastikan PC Atau Laptop Bekerja Pada Suhu Normal

Permasalahan ini sama dengan permasalahan yang dialami pada modem. Maksudnya adalah jika PC atau laptop anda bekerja pada suhu terlalu tinggi dan tidak normal, maka akan menimbulkan berbagai macam permasalahan, misalnya PC atau laptop nge-lag atau yang. Selain itu, biasanya efek dari hang atau ngelag pada PC dan laptop akan menjadikan koneksi internet sering terputus.

Banyak solusi yang bisa ditempuh agar PC atau laptop Tetap dingin dalam bekerja, misalnya adalah dengan menempatkannya pada ruangan yang ber AC. Hanya saja, jika ruangan ber-ac susah untuk didapat, maka anda bisa menambahkan kipas tambahan pada PC atau laptop anda. Pada PC, anda bisa memasang tambahan fan case di dalam casing guna membantu memperbaiki sirkulasi udara di dalamnya. Sementara itu, pada laptop Anda bisa menambahkan cooling pad.

Baca:   Cara Cek Kecepatan Koneksi Internet Dengan Google Chrome

3. Melakukan Modifikasi Pada File System.Ini

File system.ini merupakan salah satu file yang ada di Windows yang memiliki fungsi penting yang berkaitan dengan koneksi internet. Melihat dari fungsinya, maka file system.ini bisa kita modifikasi guna mendapatkan peningkatan kecepatan koneksi internet. Namun tentunya, sebelum anda melakukan modifikasi pada file system.ini alangkah baiknya untuk membackup atau membuat salinannya terlebih dahulu. Sebab, jika setelah modifikasi PC atau laptop mengalami permasalahan, Anda bisa mengembalikan ke settingan semula.

Untuk mulai memodifikasi file file system.ini, silakan Anda masuk ke menu Start, lalu pilih menu Run. Setelah jendela Run terbuka, ketik perintah “system.ini” tanpa tanda petik. Jalan lain untuk memanggil jendela Run adalah dengan menekan kombinasi tombol Windows + R.

akses system ini pada Windows 7

Setelah file system.ini terbuka, gantilah isi dari file tersebut dengan kode berikut ini:

; for 16-bit app support
[386Enh] Woafont=dosapp.fon
EGA80WOA.FON=EGA80WOA.FON
EGA40WOA.FON=EGA40WOA.FON
CGA80WOA.FON=CGA80WOA.FON
CGA40WOA.FON=CGA40WOA.FON
Page buffer=100000kbps load=100000kbps download=100000kbps
Save=100000kbps back=100000kbps
[drivers] Wave=mmdrv.dll
Timer=timer.drv

[mci]

Setelah selesai, lakukan penyimpanan dengan memilih menu File –> Save atau tekan kombinasi tombol CTRL + S. Contoh hasilnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:

edit system ini pada Windows 7

4. Tweak Cpipparameter Pada Registry Windows

Registry pada Windows cukup banyak menyimpan konfigurasi, di mana konfigurasi tersebut bisa dioptimasi untuk dimaksimalkan sesuai dengan kebutuhan. Fitur inilah yang cukup mudah untuk dilakukan tweak sehingga nantinya kecepatan koneksi internet pada PC maupun laptop dapat meningkat.

Mengubah parameter pada registry Windows cukuplah berbahaya, sehingga sebelum anda melakukan sejumlah perubahan pada registry Windows, alangkah baiknya anda membuat back up terlebih dahulu. Jika nantinya proses Tweak cpipparameter pada Registry Windows mengalami masalah, maka anda bisa dengan mudah mengembalikannya.

Lalu, Bagaimanakah cara mengoptimalkan cpipparameter pada registry Windows? Berikut ini adalah tutorialnya.

Langkah pertama, silakan Anda Buka aplikasi Notepad, kemudian copy paste kode berikut ini

[HKEY_LOCAL_machinesystemcurrentcontrolsetservicest cpipparameters] “sackopts” = dword: 00000001
“tcpwindowsize” = dword: 0005ae4c
“Tcp1323Opts” = dword: 00000003
“defaultttl” = dword: 00000040
“enablepmtubhdetect” = dword: 00000000
“enablepmtudiscovery” = dword: 00000001
“globalmaxtcpwindowsize” = dword: 0005ae4c

Berikutnya, silakan Anda simpan file tersebut dengan nama Tweak.reg.

Tweak Cpipparameter Pada Registry Windows

Pada langkah terakhir, silakan Anda jalankan satu kali file Tweak.reg dengan cara di klik 2 kali. Apabila muncul jendela konfirmasi, silakan Klik tombol OK untuk melanjutkan.

5. Mengaktifkan DNS Cache Di Registry Windows

Cara mempercepat koneksi internet pada PC dan laptop yang berikutnya adalah dengan mengaktifkan DNS cache pada registry di sistem operasi Windows. Langkah yang perlu dikerjakan oleh pengguna juga tergolong sederhana dan hampir sama dengan langkah-langkah yang telah dijabarkan di bagian depan.

Adapun fungsi dari mengaktifkan DNS cache pada registry Windows yakni guna menyimpan berbagai macam jenis data website yang sudah kita akses atau buka sebelumnya. Apabila nantinya kita mengunjungi alamat yang sama dengan url yang telah kita kunjungi sebelumnya, waktu proses loading akan berkurang cepat karena file-file yang dibutuhkan tidak lagi mengambil di server, namun langsung diambil dari komputer lokal.

Langkah untuk mengaktifkan DNS Cache di Registry Windows adalah sebagai berikut

Silahkan buka aplikasi notepad pada Windows

Copy paste Kode di bawah ini pada notpad:

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\currentcontrolset\Services\Dnscache\Parameters] “cachehashtablebucketsize”=dword:00000001
“cachehashtablesize”=dword:00000180
“maxcacheentryttllimit”=dword:0000fa00
“maxsoacacheentryttllimit”=dword:0000012d

Tahap selanjutnya, simpanlah file tersebut dan beri nama dnscache.reg. Setelah berhasil disimpan, silakan Anda jalankan file dnscache.reg dengan cara klik 2 kali. Setelah itu, anda bisa merestart komputer agar perubahan yang Anda lakukan pada registry Windows secepatnya bisa di aplikasikan.

Mengaktifkan DNS Cache Di Registry Windows

6. Memilih ISP Atau Internet Service Provider Yang Handal Dan Bagus

Pada setiap lokasi atau wilayah di suatu daerah tentu memiliki ISP yang beraneka ragam. Kita dengan bebas bisa memilih ISP mana yang kita sukai. Namun, alangkah baiknya jika kita bisa memilih ISP yang benar-benar handal dan bagus, baik dari sisi kualitas maupun dari sisi pelayanan.

Cara mengetahui kualitas dari ISP tentu banyak metode nya. Salah satu yang bisa dijadikan tolak ukur adalah dari sisi testimoni para pelanggannya. Anda bisa menggali beberapa informasi kepada sejumlah pelanggan suatu ISP, terutama dari kualitas koneksinya. Apabila pelanggan pelanggan yang anda gali informasinya memberikan penilaian positif terhadap ISP yang mereka gunakan, maka anda bisa ikut memilih ISP tersebut. Usahakan untuk mencari testimoni para pelanggan ISP yang lokasinya satu wilayah dengan anda. Sebab kualitas jaringan antara wilayah yang satu dengan yang lain Yang jaraknya cukup jauh biasanya terdapat perbedaan.

Baca:   Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Android

Disamping testimoni dari para pelanggan ISP, media koneksi yang ditawarkan oleh ISP juga bisa dijadikan pertimbangan. Ada ISP yang memberikan koneksi dengan media wi-fi, ada pula ISP yang memberikan koneksi dengan media kabel. Jika Anda memilih ISP yang menggunakan jaringan Wifi, pastikan rumah Anda ter coverage sinyal wi-fi dari ISP tersebut dengan baik.

Jangan terpengaruh bahasa iklan yang kerap kali menipu para pelanggan. Banyak ISP yang berani memberikan harga murah dibawah harga rata-rata ISP yang lainnya, namun ternyata kualitas koneksi internet yang diberikan tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Lebih membayar biaya ISP sedikit lebih mahal namun memperoleh kualitas koneksi internet yang bagus daripada membayar biaya SSB murah, namun mendapatkan kualitas koneksi internet yang murahan pula.

7. Konfigurasi Pada Prioritas Provider

Kita bisa melakukan setting prioritas provider yang kita gunakan lewat menu registry editor pada Windows. Langkah yang perlu Anda kerjakan juga cukup sederhana. Silakan ikuti beberapa langkah di bawah ini.

Langkah pertama, silakan Anda buka jendela Run, kemudian ketik perintah “Regedit“. Untuk membuka jendela Run, anda bisa klik menu Start –> Run, atau bisa pula menggunakan kombinasi tombol CTRL + R

regedit pada Windows 10

 

Setelah jendela registry editor terbuka, silakan Anda masuk ke menu HKEY_LOCAL_MACHINE –> SYSTEM –> currentcontrolset –> Services –> Tcpip –> serviceprovider.

service provider pada regedit Windows 10

Perhatikan pada menu sebelah kanan. Temukan menu dengan nama dnspriority, hostspriority, localpriority, netbtpriority, kemudian gantilah masing-masing nilainya menjadi 1

set value pada registry editor service provider Windows 10

Setelah anda menyelesaikan tahapan di atas, silakan Anda tutup jendela registry editor dan Restart komputer anda agar perubahan yang anda lakukan bisa diaplikasikan dengan segera.

8. Setting DNS Pada Laptop Atau Komputer

DNS atau Domain Name server berguna untuk mempermudah proses pencarian nama komputer. Tentunya, dengan konfigurasi DNS yang tepat akan menjadikan koneksi internet di laptop atau PC juga semakin cepat. Konfigurasi DNS pada laptop atau komputer bisa dilakukan hanya dengan beberapa langkah saja. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Tahap pertama, anda bisa Klik Kanan Icon jaringan ( baik itu yang menggunakan wifi maupun yang menggunakan kabel) yang berada di bagian sebelah kanan bawah taksbar Berdekatan dengan informasi jam. Pilihlah menu Open Network and sharing center.

menu open network and sharing center Windows 7

Langkah berikutnya, silahkan anda pilih menu “Connection” yang ada pada jaringan yang Anda gunakan. Masing-masing tentu berbeda, menyesuaikan dari jenis koneksi jaringan yang digunakan, Apakah menggunakan wi-fi atau menggunakan kabel.

Network and sharing center Windows 7

Jendela berikutnya akan ditampilkan adalah jendela jaringan status. Pada jendela tersebut, silakan Anda Klik tombol “Properties

wireless network connection status Windows 7

Pada jendela berikutnya yang tampil, silakan Anda klik bagian internet Protocol version 4 (Tcp/ipv4), kemudian Klik tombol Properties. Anda juga bisa langsung double klik bagian Internet Protocol Version 4 (Tcp/Ipv4) tersebut. Hasilnya adalah sama.

internet protocol Version 4 Windows 7

Pada jendela internet Protocol version 4 (TCP/ipv4) yang ditampilkan, silakan isi bagian DNS dengan DNS miliknya Google. Konfigurasinya adalah Preferred DNS Server adalah 8.8.8.8, sementara itu Alternate DNS Server adalah 8.8.4.4

DNS Server Windows 7

Setelah semuanya selesai, Klik tombol OK untuk menutup jendela jendela yang terbuka

9. Memakai Modem High Speed

Apapun jenis modem yang Anda gunakan tentu akan berpengaruh terhadap kecepatan koneksi internet yang anda peroleh. Apabila anda menggunakan modem ADSL dari PSB Telkom, maka kecepatannya memang sudah disesuaikan dengan paketan yang anda kontrak. Berbeda ketika Anda membeli modem USB yang nantinya akan digunakan pada operator seluler.

Jika Anda menggunakan modem USB, maka Pilihlah modem yang benar-benar memiliki kecepatan tinggi. Anda harus memastikan dukungan kecepatan jaringan yang dimiliki pada modem USB tersebut, apakah sebatas 3G, atau sudah 4G. Ingat, modem USB kecepatan 3G hanyalah mendukung hingga kecepatan maksimal 3 Mbps. Berbeda dengan modem USB 4G yang dapat mencapai kecepatan maksimal 50 Mbps.

Sementara itu, dari sisi operator tentunya sekarang hampir semuanya sudah mendukung Jaringan 4G. Satu hal yang perlu anda perhatikan di dalam menentukan operator ini adalah kualitas jaringannya. Apabila di wilayah Anda kualitas jaringan dari suatu operator Sinyalnya tidak maksimal atau bahkan dalam kondisi sangat minim, sebaiknya Anda hindari.Pilihlah operator jaringan yang benar-benar menyediakan sinyal full Sehingga nantinya kecepatan koneksi internet yang akan anda peroleh juga maksimal.

Baca:   Cara Memblok Web Notifications atau Notifikasi Web pada Firefox

10. Dekatkan Lokasi Access Point Dengan Wifi

Untuk Anda pengguna jaringan Wifi tentu sangat mengandalkan kualitas sinyal Wifi yang berasal dari access point. Untuk memperoleh koneksi internet yang bagus tentu membutuhkan kualitas sinyal yang bagus pula. Apabila lokasi laptop atau komputer anda terlalu jauh dengan lokasi access point, maka akan menimbulkan kualitas sinyal Wifi yang semakin menurun.

Apa Bila memungkinkan, anda bisa mendekatkan laptop ke access point agar mendapatkan sinyal yang benar-benar bagus. Selain itu, apabila lokasi akses point bisa dirubah, maka anda bisa memindah lokasi access point tersebut agar lebih dekat dengan tempat kerja Anda sehingga sinyal yang memancar dari access point bisa diterima dengan baik oleh laptop ataupun komputer anda.

Perhatikan pula posisi access point terhadap berbagai macam penghalang, misalnya adalah tembok. Apabila lokasi access point terhalang oleh banyak tembok, maka bisa dipastikan kualitas dari sinyal access point akan lebih cepat turun. Pada akhirnya, kualitas kecepatan koneksi internet juga akan menurun.

11. Posisikan Antena Access Point Atau Wifi Dengan Benar

Posisi antena access point maupun Wifi yang benar akan menjadikan sistem pancaran maupun penangkapan sinyal Wifi lebih sempurna. Semakin sempurna pancaran sinyal maupun tangkapan sinyal Wifi akan menjadikan koneksi internet semakin stabil.

Lantas, Seperti apakah posisi antena access point atau Wifi yang benar? Posisinya adalah tegak lurus. Posisi antena access point atau wifi yang tegak lurus akan menjadikan sinyal transmisi data menjadi lebih stabil dan lebih merata pada semua penjuru ruangan dan tentunya akan lebih memaksimalkan koneksi pada berbagai macam perangkat wifi.

12. Menaikkan Setting Bandwith Pada Laptop Atau Komputer

Semakin lebar jalur bandwidth yang disediakan pada laptop atau komputer bersistem operasi Windows akan menjadikan lalu lintas data semakin banyak dan pada akhirnya kecepatan internet akan meningkat. Bandwidth bisa diibaratkan sebagai lebar dari jalan raya. Jadi, semakin lebar Jalan Raya nya akan semakin banyak pula kendaraan yang bisa dilewatkan nya.

Sementara itu, pada laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, Bandwidth masih dalam kondisi limit. Artinya, ada pembatasan bandwidth pada Windows, yakni hanya 80% dari bandwidth total yang bisa di terima. Dari kondisi tersebut, kita bisa mencoba untuk memaksimalkan jalur bandwidth pada laptop atau komputer OS Windows.

Beberapa langkah yang bisa anda tempuh untuk meningkatkan bandwidth pada laptop atau komputer Windows adalah sebagai berikut:

Silakan Anda akses jendela Run, lalu ketik perintah gpedit.msc. Kombinasi tombol Windows + R juga bisa anda gunakan untuk membuka jendela Run

gpedit msc Windows 7

Setelah jendela local group Policy editor terbuka, silakan Anda masuk ke menu Computer Configuration –> Administrative Templates –> Network –> qos Packet Scheduler. Untuk lebih jelasnya, Perhatikan gambar dibawah ini

Limit reservable bandwidth pada Windows 7

Sesuai dengan gambar di atas, maka menu bagian kiri adalah menu yang berupa folder, sementara itu menu bagian kanan adalah menu yang berupa file. Pada menu sebelah kanan, silakan Anda double klik menu Limit reservable bandwidth hingga muncul jendela limit reservable bandwidth seperti pada gambar berikut ini. Pilihlah option ke enable, kemudian berikan konfigurasi bandwidth limit(%) menjadi .

setting Limit reservable bandwidth Windows 7

Selanjutnya, silakan Anda Klik tombol Apply, lalu akhiri dengan Klik tombol OK untuk menutup jendela limit reservable bandwidth tersebut. Agar Perubahan tersebut segera diaplikasikan, silakan Anda restart laptop atau komputer anda.

Panduan tentang cara mempercepat koneksi internet PC dan laptop yang telah penulis bahas diatas bisa anda terapkan satu demi satu dan rasakan perbedaannya. Tentunya, peningkatan kecepatan koneksi internet yang didapat dari komputer atau laptop yang satu dengan yang lainnya bisa berbeda, menyesuaikan dari ISP atau operator yang digunakan. Namun, secara umum peningkatan kecepatan koneksi internet akan diperoleh. Silakan Anda lakukan perubahan satu persatu dari berdasarkan tutorial diatas. Semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Software browser Google Chrome mempunyai picture in picture mode yang berfungsi bagi anda untuk menjadikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *