Home / Tips dan Trik / Cara Foto Makro Menggunakan Kamera Saku Agar Hasilnya Menakjubkan
Cara Foto Makro Menggunakan Kamera Saku

Cara Foto Makro Menggunakan Kamera Saku Agar Hasilnya Menakjubkan

Salah satu topik yang cukup menarik untuk dibahas adalah mengenai cara foto makro dengan memakai kamera saku. Sebab, lumayan banyak para pecinta fotografi pemula yang ingin mendapatkan hasil foto macro akan tetapi hanya mempunyai alat berupa kamera saku. Dengan bahasa yang simpel, foto makro memiliki arti sebagai hasil memotret makhluk atau benda yang memiliki ukuran kecil.

Jika lebih dispesifikasikan, foto makro adalah fotografi yang dilakukan pada jarak yang sangat dekat serta memiliki tujuan untuk memperoleh detail gambar yang lebih tinggi, akan tetapi tidak membutuhkan bantuan alat pembesar. Foto makro menggunakan kamera saku adalah hal yang cukup banyak dipertanyakan oleh para fotografer pemula.

Sebab, rata-rata untuk bisa memotret objek atau benda berukuran kecil, rata-rata fotografer memakai kamera DSLR yang telah dilengkapi dengan lensa makro. Sebab, untuk memperoleh hasil foto makro cukuplah sulit, tidak semua orang dapat memperoleh gambar yang fokus dan bagus. Lantas, bagaimanakah caranya untuk bisa mendapatkan foto makro hanya bermodalkan kamera saku? Berikut ini adalah pembahasannya

Apabila anda memiliki pertanyaan tentang cara mendapatkan foto makro menggunakan kamera saku, anda bisa mulai trial-and-error. Perlu untuk dipahami bersama bahwa rata-rata foto makro mempunyai rasio 1:1, yakni dimensi gambar yang didapat adalah sama ukurannya dengan benda aslinya.

Lalu, apabila demikian, apakah dapat memperoleh foto makro menggunakan kamera saku? Pada intinya, guna memperoleh hasil foto makro, para fotografer memerlukan kamera yang sudah mendukung mode makro. Lantas, apakah kamera saku mampu Menghasilkan jepretan gambar makro? Mari silahkan simak terus uraian berikut ini agar anda mendapatkan jawabannya.

Guna mendapatkan foto makro menggunakan kamera saku, ada sejumlah hal yang wajib diperhatikan oleh anda, diantaranya yaitu:

Baca:   Cara Mengaktifkan Antivirus Windows Defender Windows 7, 8 Dan 10

Daftar Isi Artikel

1. Memakai Mode Makro

Rata-rata, kamera saku mempunyai sejumlah mode, salah satu diantaranya yaitu mode makro yang memiliki logo seperti gambar bunga. Jika Anda memakai mode tersebut, maka anda dapat memotret foto makro menggunakan kamera saku.

Akan tetapi, perlu untuk diingat bahwasanya tidak semua mode makro terdapat pada kamera yang sama serta mampu menghasilkan fokus yang berbeda, rata-rata berada di antara 5 sampai dengan 1 cm. Oleh karena itu, guna mengatasinya, silakan Anda setting aperture menggunakan ukuran yang lebih besar.

2. Mengatur Aperture

Seperti yang sudah dibahas di bagian pertama yakni pengaturan aparture. Pada saat anda menggunakan mode makro, maka anda dapat mencetin bagian aperture di kamera sesuai dengan yang anda perlukan. Contohnya, pada setting aperture tersebut, anda bisa menjumpai f/2, f/4 dan lain sebagainya.

Anda dapat memilih angka yang lebih besar guna mendapatkan bidang fokus yang lebih luas. Begitu pula sebaliknya, anda dapat memilih angka yang lebih kecil guna menghasilkan area fokus yang lebih sempit. Agar aman, anda bisa membuat foto makro menggunakan kamera saku yang menggunakan aparture f/5,6 atau f/4.

3. Mengatur Pada Mode Manual Fokus

Pada umumnya, guna memperoleh foto yang lebih fokus, anda bisa memakai setting auto. Setting auto bukanlah setting yang keliru, akan tetapi tidak selamanya anda dapat mengandalkan setting auto guna mengambil foto secara otomatis. Pada pembuatan foto makro menggunakan kamera saku, anda dapat memakai setting mode manual fokus yang dibutuhkan guna mengarahkan titik fokus pada objek sesuai dengan yang anda inginkan.nya

Baca:   Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen Via PC

Apabila anda telah menggunakan mode makro, tentunya setting manual focus menjadi sangat mudah. 1 hal yang sangat penting setelah anda mensetting secara manual fokus yaitu mengambil gambar menggunakan komposisi yang tepat. Berkaitan dengan komposisi, anda dapat menerapkan rule of third. Jika tidak menerapkan komposisi seperti itu, anda dapat menentukan Angle yang tepat serta sesuai dengan pasion yang anda miliki.

4. Mensetting Pencahayaan

Pada kondisi gelap, contohnya pada saat sedang mendung, anda kerap kali menggunakan fitur flash guna memperoleh hasil jepretan yang lebih cerah. Akan tetapi, apabila anda berharap untuk membuat foto makro menggunakan kamera saku, fitur flash ternyata tidak begitu bagus membantu anda di dalam memperoleh hasil jepretan yang baik. Guna mengatasi permasalahan tersebut, anda memerlukan reflektor yang berbentuk seperti kertas putih supaya objek yang difoto kelihatan lebih cerah.

5. Menggunakan Timer Kamera

Anda dapat menggunakan timer yang terdapat di kamera saku, sebab hasil jepretannya lumayan tajam. Kerap kali Anda mengalami gambar yang tidak fokus disebabkan pada saat membidik objek serta menekan tombol shutter kamera justru kamera akan sedikit goyang. Guna bisa menciptakan foto makro memakai kamera saku, anda dapat menggunakan timer kamera, sebab Anda dapat mengaktifkan kamera tanpa harus menekan tombol shutter.

Guna memperoleh hasil jepretan lebih baik serta komposisi yang lebih tepat, anda dapat menggunakan tripod. Peralatan tripod juga mampu untuk meminimalisir hasil jepretan gambar yang blur yang dikarenakan ketika memegang kamera tangannya bergetar.

Sejumlah tips untuk menciptakan foto makro menggunakan kamera saku diatas Bisa Anda coba praktekkan dengan cukup mudah. Terlebih, setelah anda memahami sejumlah tips di atas, anda sudah bisa menghasilkan foto makro tanpa menggunakan kamera jenis DSLR serta lensa macro. Sebab, pada intinya guna bisa menjepret foto makro yang cantik, anda bisa menggunakan kamera saku yang dimilikinya.

Baca:   Punya Folder Atau File Rahasil? Praktekan Cara Menyembunyikan Folder Atau File Di Windows 10

Walaupun foto makro menggunakan kamera saku hasilnya memang tidak sesempurna dibandingkan dengan hasil foto makro jepretan kamera DSLR. Akan tetapi, minimal dengan menerapkan beberapa teknik di atas, anda sudah bisa membuat foto makro dengan Lumayan baik. Sekian dan terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka

Kamera Smartphone Anda Error? Ikuti Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka

Seluruh smartphone Android di zaman sekarang ini pasti memiliki kamera. Bisa dikatakan, kamera pada smartphone …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *