Home / Tips dan Trik / Cara Cek Kecepatan Koneksi Internet Dengan Google Chrome
Cara Cek Kecepatan Koneksi Internet Dengan Google Chrome

Cara Cek Kecepatan Koneksi Internet Dengan Google Chrome

Pada zaman digitalisasi sekarang ini, kebutuhan koneksi internet adalah sesuatu yang sudah biasa. Pemakaian internet, yang sebelumnya dibuat untuk kebutuhan di dunia militer, sekarang ini semakin meluas dan mencakup kebutuhan sehari-hari untuk para pemakai internet. Fungsinya juga cukup beragam, yakni untuk mencari ebook pengetahuan, untuk mencari resep masakan, untuk mencari informasi, untuk berjualan, termasuk adalah untuk berkomunikasi lewat jejaring sosial dengan teman-teman.

Terdapat cukup banyak Langkah yang bisa dilakukan di dalam mengakses internet, baik menggunakan laptop atau pc yang terkoneksikan dengan jaringan internet maupun menggunakan ponsel. Terdapat cukup banyak software aplikasi yang bisa dipakai untuk mengakses internet di dunia maya. Salah satu software aplikasi yang cukup populer adalah Google Chrome.

Pemakai internet tidaklah terbatas untuk satu kalangan saja. Sejumlah kalangan dari berbagai macam usia bisa mengakses jaringan internet selama mereka mengetahui teknik pemakaiannya. Cukup banyak pekerjaan dari para pegawai kantor ataupun sejumlah tugas sekolah yang dimiliki oleh para pelajar yang bisa diselesaikan dengan mengandalkan koneksi internet, sehingga kecepatan koneksi internet menjadi sangat penting peranannya.

Memang, tidak bisa dipungkiri bahwa para pengguna tentu akan merasa begitu kesal apabila kecepatan koneksi internet terlalu pelan. Terlebih apabila sedang diburu deadline pekerjaan. Tidak sedikit dari kalangan Pengguna internet yang bersedia untuk membayar lebih tinggi demi memperoleh kecepatan koneksi internet yang lebih baik. Akan tetapi, walaupun setiap provider sudah menuliskan dan menetapkan kecepatan akses internet, contohnya 512 kbps, akan tetapi karena banyaknya pemakai pada jalur koneksi jaringan yang sama bisa mempengaruhi kecepatan jaringan internet secara keseluruhan.

Apakah anda sudah mengetahui bahwasanya kecepatan akses internet yang anda miliki Bisa dicek? Apabila anda merasa koneksi internet yang dimiliki begitu pelan, dengan mengecek kecepatan jaringan internet yang dipakai, anda dapat mengetahui apakah kecepatannya yang Memang lambat atau disebabkan oleh hal yang lainnya. Apabila bersumber dari kecepatannya yang melambat, maka anda dapat mencoba mengupgrade layanan internet yang digunakan.

Baca:   Tips Mengatasi Android Tidak Bisa Mengakses Internet

Cara Cek Kecepatan Koneksi Internet Dengan Google Chrome

Untuk Anda yang memakai browser Google Chrome, proses pengecekan kecepatan internet bisa dikerjakan dengan cara memasang ekstensi “Speedtest” pada browser Google Chrome di perangkat yang digunakan. Ekstensi tersebut merupakan pengembangan yang dikerjakan oleh pihak oakla net Matrix, yang merupakan pembuat dari website speedtest.net dan aplikasi yang bernama mobile speedtest.

Add To Chrome

Jika anda menginstal atau memasang ekstensi speedtest, anda bisa secara langsung melakukan uji coba kecepatan jaringan internet dengan lebih cepat dibandingkan dengan membuka website speedtest.net, yang mana website tersebut memuat iklan dan menjalankan cukup banyak flash. Agar bisa menginstal ekstensi tersebut, anda bisa mengunduh pada toko aplikasi Chrome secara bebas dan gratis.

Add Extensions

Langkah memakai ekstensi tersebut juga cukup mudah, hanya dengan klik icon speedtest pada bagian toolbar Google Chrome. Selanjutnya, jendela ekstensi akan ditampilkan, selanjutnya klik Icon “Go” guna memulai menjalankan tes kecepatan koneksi internet milik anda. Selanjutnya, jendela ekstensi tersebut bisa ditutup secara sementara ketika pelaksanaan tes kecepatan koneksi internet sedang dijalankan. Dengan demikian, anda masih tetap dapat mengerjakan hal lain sambil menunggu proses tes kecepatan koneksi internet selesai.

Cara Menggunakan Speedtest

Cara Menggunakan Speedtest 1

Cara Menggunakan Speedtest 2

Hasil dari tes kecepatan internet akan ditampilkan secepatnya setelah proses tes selesai dikerjakan. Fitur yang cukup menarik adalah Anda dapat secara langsung sharing hasil tes tersebut ke media sosial yang diinginkan. Speedtest akan membuat laporan mengenai kecepatan download, kecepatan upload dan kecepatan ping. Disamping melakukan pengujian pada sisi kecepatan jaringan internet, ekstensi tersebut juga dapat menguji kecepatan loading website yang dapat anda lihat pada bagian bawah ekstensi.

Prinsip kerja dari ekstensi tersebut yaitu dengan cara melacak lokasi pemakai dan server paling dekat yang berada pada wilayah pengguna, lalu mengetes bandwidth serta kecepatan upload dan download. Di samping karena kemudahan di dalam pemakaiannya, tingkat keakuratan dari proses pengecekan yang dilakukan oleh Speedtest sangatlah terjamin, yang menjadikan ekstensi tersebut lumayan populer bagi para pemakai internet.

Baca:   Kegunaan Factory Reset di Android Yang Harus Diketahui

Hasil dari pengetesan kecepatan internet yang dimunculkan menggunakan satuan mbps atau Mega Byte per sekon atau kbps atau Kilo Byte per sekon. 1 mbps adalah sama dengan 1024 kbps. Selanjutnya, 1 Bs adalah = 1024 Byte. 1 Byte adalah = 8 bit.

Maksudnya adalah apabila kecepatan jaringan internet anda cuma 20kbps, sementara anda hendak mendownload file dengan ukuran 200 MB, maka Anda membutuhkan waktu sekitar 10.000 detik untuk mendownload file tersebut. 10.000 detik hampir sama dengan 2 jam lebih. Artinya adalah anda sudah dapat memikirkan untuk mengupgrade koneksi internet atau paket data yang digunakan.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara cek kecepatan koneksi internet menggunakan Google Chrome. Semoga saja, Setelah anda melakukan pengetesan kecepatan koneksi internet milik anda, didapat hasil yang memuaskan sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk mengupgrade kecepatan koneksi internet anda. Terima kasih dan selamat mencoba.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Software browser Google Chrome mempunyai picture in picture mode yang berfungsi bagi anda untuk menjadikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *