Home / Tips dan Trik / Cara Burning Video Ke DVD Agar Bisa Diputar Pada DVD Player
Cara Burning Video Ke DVD Agar Bisa Diputar Pada DVD Player

Cara Burning Video Ke DVD Agar Bisa Diputar Pada DVD Player

Meskipun bukan media terbaru untuk menyimpan video, DVD bisa dikatakan sebuah media penyimpanan yang memiliki kapasitas cukup besar. Dengan demikian, maka DVD masih bisa diandalkan untuk saat ini guna menyimpan file video Sehingga nantinya bisa diputar atau dimainkan pada DVD player yang ada di rumah.

Cara burning video ke keping DVD agar dapat diputar pada DVD player tentu berbeda dengan cara burning data ke media DVD. Sebab, proses burning video ke DVD membutuhkan proses konversi jika file video yang hendak di burning ke keping DVD memiliki perbedaan format. Proses konversi format file video yang nanti akan di perning keping DVD memang bisa dilakukan secara otomatis. Namun, proses konversi tersebut bisa berjalan cukup lama sehingga aktivitas anda akan terganggu.

Apabila anda menggunakan komputer bersistem operasi Windows 7, proses burning video ke keping DVD agar dapat di play pada DVD player bisa dilakukan secara otomatis tanpa membutuhkan software pihak ketiga yang memiliki fungsi utama untuk burning video ke DVD. Cukup dengan memanfaatkan beberapa software bawaan pada Windows 7, anda sudah bisa berkreasi memburning file-file video pada laptop atau komputer ke keping DVD yang nantinya bisa ditonton bersama-sama di ruang tamu menggunakan DVD player.

Cara Burning Video Ke DVD Supaya Dapat Diputar Menggunakan DVD Player

Berdasarkan pengalaman, cukup banyak software yang bisa anda manfaatkan untuk berenang video ke keping DVD supaya dapat dimainkan pada DVD player. Akan tetapi, guna meringkas pembahasan di kesempatan kali ini, penulis hanya akan mencoba membahas Tiga cara burning video ke DVD supaya dapat diputar pada DVD player.

Dua cara yang pertama hanyalah dengan memanfaatkan fitur standar yang dimiliki oleh sistem operasi Windows. Sementara itu, satu cara yang lainnya adalah dengan menggunakan software Nero Express. Tentu, dua cara yang pertama bisa anda kerjakan secara gratis. Namun, pada cara yang ketiga, Anda harus mengeluarkan biaya untuk membayar lisensi dari software Nero Express.

Proses burning video ke DVD yang dapat di putar menggunakan DVD player tentu memiliki perbedaan. Urutan dan proses di dalam burning file video ke keping dvdsecara detail bisa anda Simak pada penjelasan berikut ini.

1. Cara Burning Video Ke DVD Menggunakan Fitur Windows DVD Maker

Pada tutorial cara burning video keping DVD yang pertama ini adalah menggunakan software Aplikasi yang bernama Windows DVD Maker. Tutorial ini penulis praktekkan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 7. Berikut ini adalah urutan bening video ke keping DVD dengan memakai software aplikasi Windows DVD maker

Langkah pertama, silakan Anda Klik tombol Start, kemudian pilih menu All Programs, lalu pilih menu Windows DVD Maker. Tunggulah beberapa saat hingga jendela Windows DVD Maker tampil. Sambil menunggu jendela Windows DVD maker tampil, pastikan bahwa anda telah memiliki keping DVD Blank atau kosong sebagai media yang nantinya akan di burning. Jika anda sudah mempunyai keping DVD Blank, silakan Anda masukkan ke dalam DVD RW Drive.

Baca:   Cara Jitu Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Atau Di Komputer

Menu Windows DVD Maker pada Windows 7

Pada jendela Windows DVD Maker, silakan Anda klik menu “Add Items“.

Pada tahap berikutnya, Silakan anda cari file-file yang akan di burning dengan menggunakan format video. Beberapa format file yang didukung diantaranya adalah file dengan format Wmv, Wm, Mpg, Mpeg, Mpe, Mp2v, Mp2, M1v, Dvr-Ms, Avi, Dan Asf. Jika anda sudah selesai memilih, Klik tombol “Add” agar file tersebut ditambahkan ke dalam software Windows DVD maker.

Add items pada Windows DVD Maker

Tahap berikutnya, silakan Anda klik tombol “Next” sampai dengan muncul jendela seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Pada jendela tersebut, anda bisa melakukan sejumlah pengaturan lebih lanjut, contohnya adalah melakukan perubahan pada bagian Menu Style dengan memakai sejumlah pilihan yang telah disediakan.Jika sudah, silakan Anda Klik tombol “Burn“. Berikan pula nama video pada keping DVD anda.

Edit menu pada Windows DVD Maker

Proses burning file video ke keping DVD akan segera berjalan. Silakan Anda tunggu beberapa saat hingga proses burning tersebut selesai. Durasi proses burning sangat bergantung pada kecepatan tulis DVD RW drive dan durasi video yang anda burning tersebut.

2. Cara Burning Video Ke DVD Menggunakan Fitur Windows Media Player

Teknik burning file video ke DVD dengan memakai Windows Media Player bisa dikatakan jauh lebih mudah. Seperti yang telah ditulis pada bagian atas bahwasanya cukup banyak cara yang dapat dipakai, salah satunya adalah menggunakan software Windows DVD Maker.

Cara burning file video menggunakan software bawaan dari Windows, yakni Windows Media Player dapat dijadikan sebagai software alternatif manakala kita tidak mempunyai software burning pihak ketiga, contohnya adalah software Nero. Hanya dengan memanfaatkan Windows Media Player, hasil burning file video cukuplah bagus. Bahkan, file audio juga bisa di burning menggunakan software Windows Media Player.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba Praktekkan untuk burning video ke keping DVD memakai software Windows Media Player:

Tahap pertama, anda bisa memanggil software Windows Media Player dengan cara Klik tombol Start, kemudian ketik perintah “Windows Media Player“. Nantinya, hasil temuan dari nama software yang anda ketik pada Start menu bisa diklik untuk menjalankan software Windows Media Player.

Apabila software Windows Media Player telah terbuka, klik menu file, kemudian pilih menu open. Tahap berikutnya, anda bisa Browse atau mencari letak dari file video yang akan di burning pada hardisk. Jika telah menemukan video-video yang akan di burning, Silakan Anda klik video tersebut. Apabila Anda ingin memburning video dengan jumlah lebih dari satu, maka anda dapat mengeblok nya secara langsung.

Baca:   Cara Mengaktifkan IDM Yang Tidak Bekerja Di Chrome Terbaru

file open pada Windows Media Player

Apabila kebetulan video langsung Dimainkan, maka anda bisa Klik tombol stop terlebih dahulu. Selanjutnya, silakan Anda klik pada tombol switch to library yang lokasinya berada pada bagian kanan atas.

switch to library pada Windows Media Player

Begitu jendela library berhasil dimunculkan, pada bagian sebelah kanan akan terlihat nama dari file video yang sebelumnya sudah anda buka. Pada tahap ini, Anda harus memastikan bahwa tombol play sudah dalam kondisi terpilih.

pilih file video yang akan diburning pada Windows Media Player

Tahap berikutnya, lanjutkan dengan menyeleksi seluruh nama file yang ada (apabila jumlahnya lebih dari satu). Lanjutkan dengan Klik Kanan pada mouse, lalu lanjutkan klik menu “add to“, lalu pilih menu New Playlist.

New playlist pada Windows Media Player

Tahap berikutnya, silakan Anda klik pada bagian tombol Burn. Lalu, silakan Anda buka bagian playlist yang sebelumnya sudah anda buat.

Burn pada Windows Media Player

Tahap selanjutnya, ketika bagian new playlist sudah terbuka, anda bisa melakukan drag pada bagian nama file ke bagian burn list dengan posisi di sebelah kanan. Pada tahap ini, Anda juga dapat melakukannya dengan cara menyeleksi seluruh nama file yang tersedia, lalu pilih menu Klik Kanan, lalu silakan Anda pilih menu “Add to“, kemudian, akhiri dengan Klik tombol “Burn List“.

Burn list pada Windows Media Player

Pada saat daftar nama file video yang akan di perning sudah muncul di bagian “Burn list“, anda bisa melanjutkan untuk memasukkan DVD Blank. Selanjutnya, silakan klik pada tombol yang bernama “Start burn“. Pada tahap ini, proses burning akan segera dimulai. Anda bisa menunggu beberapa saat hingga proses burning benar-benar selesai.

Start bunr pada Windows Media Player

Jika dilihat dari settingan standart, disk atau keping DVD Blank yang telah diisi file video akan secara otomatis keluar apabila proses burning telah selesai. Adapun beberapa format video yang kompatibel untuk di burning pada keping DVD Blank Adalah format wmv, 3gp, dan mpeg.

3. Cara Burning Video Ke CD Atau DVD Menggunakan Nero Express

Cara yang ketiga untuk burning video ke keping CD atau DVD adalah memakai software Nero Express. Software Nero Express adalah salah satu bagian dari software Nero. Software Nero bisa dikatakan software yang sangat populer digunakan untuk kebutuhan burning. Apabila komputer anda belum terinstal Nero Express, maka anda harus mendownload software Nero terlebih dahulu.Software Nero dulunya memang gratis, namun sekarang sudah berbayar. Meskipun berbayar, anda juga tetap bisa mencari software Nero Express yang bersifat gratis, terutama untuk Nero Express versi lawas.

Urutan burning video ke keping CD atau DVD memakai software Nero adalah sebagai berikut:

Langkah pertama adalah mempersiapkan keping CD atau DVD kosong atau DVD Blank. Anda bisa memilih untuk menggunakan CD-R, CD-RW, DVD R atau DVD-RW.

Baca:   Inilah Langkah Mengatasi Kadaluarsa Pada Whatsapp

Pada tahap selanjutnya, silakan Anda buka software Nero Express. Setelah jendela Nero Express terbuka, silakan Anda klik menu “video/picture”, Lalu pilih menu “video CD”. Apabila Anda ingin memburning video ke dalam keping DVD, silahkan anda pilih menu “DVD video Files“. Pada contoh kali ini penulis hendak mem burning ke keping Video CD.Untuk burning ke keping DVD caranya hampir sama.

Video CD pada Nero Express

Langkah berikutnya, silakan Anda Klik tombol “ADD“. Pada tahap ini, anda bisa menentukan dan memilih file file video yang hendak di burning. Oleh karena itu, silakan Anda persiapkan terlebih dahulu file file video yang sudah disupport oleh Nero Express, misalnya adalah MP4,AVI, mpg dan MPEG.

Add file video yang akan diburning pada Nero Express

Tahap selanjutnya, anda bisa memilih video mana saja yang akan di burning ke keping CD, selanjutnya Klik tombol “Add“.

memilih video yang akan diburning di nero express

Apabila seluruh file video sudah anda tambahkan, maka nantinya akan terlihat pada gambar berikut ini. Warna hijau yang ada pada software Nero Express mengindikasikan kapasitas dari ukuran CD kosong atau CDR sudah terisi. Lanjutkan dengan Klik tombol Next.

Next pada Nero Express

Pada tahapan ini, anda diberikan kesempatan untuk merubah tampilan dari menu yang disediakan. Anda bisa edit sendiri pada menu bagian background, teks, serta layout.

edit layout backgorund dan text pada nero express

Setelah anda lakukan perubahan, maka tampilan yang diperoleh kurang lebih seperti pada gambar di bawah ini. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

Next setelah edit menu pada nero express

Lanjutkan proses burning video dengan cara memasukkan CD kosong atau CD Blank ke dalam CD RW drive. Pada bagian ini, anda telah memasuki bagian terakhir pada setting burning video ke keping CD atau DVD. Silahkan lakukan beberapa pengaturan sesuai dengan kebutuhan.

mulai burning pada nero express

  • Option digunakan untuk mengatur kecepatan dari penulisan file ke keping CD atau DVD
  • Disc Name digunakan untuk memberi label atau nama pada keping CD
  • Number of Copies digunakan untuk menentukan Berapa kali Anda hendak mengcopy file video tersebut ke keping CD atau DVD

Akhiri proses burning dengan Klik tombol “BURN“.

Silakan Anda tunggu beberapa saat sampai dengan proses burning keping CD atau DVD selesai. Lama tidaknya proses burning tersebut sangat bergantung kepada ukuran dari file yang hendak di burning.

Itulah beberapa cara burning video ke keping CD atau DVD agar nantinya dapat diputar pada DVD player yang sekarang ini sudah sangat menjamur penggunaannya di rumah-rumah penduduk. Semoga saja, file-file video yang sebelumnya hanya bisa anda nikmati lewat Kamera digital atau smartphone, sekarang ini bisa anda mainkan lewat DVD player sehingga bisa tampil pada layar dengan ukuran lebih besar. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *