Home / Tips dan Trik / Cara Aktivasi Windows 10 Pro Dan Versi Lainnya Secara Resmi
Cara Aktivasi Windows 10 Pro Dan Versi Lainnya Secara Resmi

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Dan Versi Lainnya Secara Resmi

Terdapat cara yang ditawarkan pihak Microsoft untuk melakukan aktivasi Windows 10 versi pro dan versi-versi yang lainnya yang bisa dilakukan dengan cukup mudah. Tentunya, proses aktivasi Windows 10 pro dan versi yang lainnya perlu dilakukan supaya Windows 10 yang Anda beli bisa benar-benar berfungsi secara penuh tanpa adanya batasan-batasan fitur.

Anda memang diberikan keleluasaan untuk mendownload sistem operasi Windows 10 langsung dari situs resmi Microsoft. Setelah anda melakukan penginstalan pada, anda juga bisa langsung menggunakannya untuk bekerja. Akan tetapi, Windows 10 pro dan versi yang lainnya yang anda download tersebut masihlah bersifat trial sehingga terdapat beberapa batasan fitur sekaligus Anda wajib untuk melakukan aktivasi supaya bisa digunakan secara penuh.

Daftar isi:

  1. Kekurangan Windows 10 Yang Belum Diaktivasi
  2. Cara Aktivasi Windows 10 Pro Dan Versi Yang Lainnya

Sebagai gambaran, Pada saat Anda membeli Windows 10 Pro di toko retail maupun di situs resmi Microsoft store Indonesia, maka yang akan anda peroleh hanyalah product key nya saja. Lantas, dimana file iso Windows 10 tersebut? File iso Windows 10 untuk beragam versi harus anda download sendiri lewat situs resmi Microsoft. Namun demikian, ada pula beberapa toko retail software yang berbaik hati menyediakan file iso Windows 10 supaya para pembelinya tidak terlalu repot untuk mendownload sendiri.

Memang, bagi Anda yang membeli komputer atau laptop yang sudah install Windows 10 sangatlah beruntung. Walaupun memiliki harga yang relatif lebih mahal, namun anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan aktivasi Windows 10 pro yang ada pada komputer Yang Anda beli tersebut. Cukup membayar harga komputer atau laptop, selanjutnya Anda bisa langsung menggunakannya untuk bekerja secara full.

Terlebih bagi para pengguna pemula di mana mereka masih cukup awam tentang sistem operasi Windows 10. Mereka tentu akan merasa cukup kebingungan di dalam melakukan aktivasi Windows 10 jika mereka harus membelinya sendiri. Oleh sebab itulah, Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba berbagi pengalaman tentang cara aktivasi Windows 10 Pro yang bisa diterapkan untuk Windows 10 versi yang lainnya secara resmi dan legal.

Kekurangan Windows 10 Yang Belum Diaktivasi

Apabila kita masih menggunakan Windows 10 yang belum diaktivasi, maka terdapat berbagai macam kekurangan. Walaupun pada dasarnya komputer tetap bisa digunakan untuk bekerja, namun kadangkala kekurangan-kekurangan yang muncul pada Windows 10 versi trial cukuplah mengganggu.

Baca:   Cara Mempercepat Booting Windows 10 Sampai Kurang Dari 5 Detik

Lalu, kekurangan Apa sajakah yang dimiliki Windows 10 yang belum diaktivasi tersebut? Berikut ini ada 2 kekurangan pada Windows 10 yang belum diaktivasi. Sebenarnya, jumlah kekurangannya lebih dari 2 macam, namun 2 kekurangan yang akan penulis sampaikan merupakan kekurangan yang sangat dirasakan oleh pengguna Windows 10 yang belum diaktivasi.

1. Munculnya Tulisan Watermark “Activate Windows”

Munculnya tulisan berupa Watermark “activate Windows” yang lokasinya ada di bagian kanan bawah.Tepatnya ada di atas jam di task bar. Tulisan activate Windows tersebut selalu muncul di semua jendela,itu pada saat berada di desktop, pada saat kita bekerja di software, pada saat kita membuka Windows Explorer, dan di semua jendela yang kita buka.

Secara umum, tulisan Watermark “activate Windows” tersebut tidaklah mengganggu. Namun tentunya lambat laun tulisan “activate Windows” yang selalu muncul akan menjadikan pengguna kurang nyaman di dalam bekerja. Sebab, pada kondisi tertentu tulisan tersebut dapat menghalangi tampilnya sesuatu yang sedang dikerjakan di komputer.

Watermark bertuliskan activate Windows tersebut tidak akan hilang Ketika anda tidak melakukan aktivasi Windows 10. Sebab, tulisan tersebut merupakan tanda yang diberikan oleh Microsoft kepada pengguna Windows 10 bahwa Windows yang digunakan tersebut Belumlah diaktivasi dan meminta untuk secepatnya dilakukan aktivasi.

2. Terkuncinya Fitur Personalize

Fitur personalize merupakan salah satu fitur yang disediakan Windows 10 untuk melakukan customize atau setting terhadap tampilan dari Windows 10 itu sendiri. Fitur personalize pada Windows 10 yang belum diaktivasi dalam kondisi terkunci. Padahal, dengan menggunakan fitur personalize kita bisa melakukan beberapa perubahan tampilan pada Windows 10, mulai dari mengubah gambar lockscreen, mengubah gambar wallpaper, Mengubah warna, mengubah tema dari Windows, serta sejumlah pengaturan tampilan yang lainnya.

Baca:   Windows 10 Fall Creators Update Download Final Dan Gratis

Dengan demikian, terkuncinya bagian personalize akan membuat pengguna Windows 10 memiliki tampilan grafis yang monoton dan tentunya akan membosankan apabila digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sebagai pengguna komputer di mana sistem operasi Windows 10 yang digunakannya masih memiliki batasan fitur tentu cukup merepotkandan tentunya tidak nyaman ketika digunakan. Oleh sebab itulah maka selayaknya segera melakukan aktivasi Windows 10 apapun versi yang digunakanmulai dari versi Pro, versi enterprise, dan versi yang lainnya.

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Dan Versi Yang Lainnya

Setelah anda selesai melakukan instalasi Windows 10, di mana penulis juga telah membahas cara install Windows 10 artikel yang lain, selanjutnya segera lakukan proses aktivasi secara resmi atau ilegal. Berikut ini adalah cara mudah untuk aktivasi Windows 10 Pro. Sebagai catatan, anda telah memperoleh product key Windows 10 Pro 64 bit 2018 jika anda membelinya pada situs resmi Microsoft Indonesia di tahun 2018 ini.

Langkah pertama, silakan Anda akses menu Setting, kemudian pilih menu Update and Security, lalu pilih menu Activation. Pada bagian tersebut, anda akan memperoleh informasi status bahwa Windows 10 yang Anda gunakan dalam kondisi belum teraktivasi. Oleh sebab itulah, anda berkewajiban untuk mengaktivasi Windows 10 yang anda install supaya Anda bisa menikmati seluruh fitur yang disediakan.

cara aktivasi Windows 10 setting update security

Pada langkah berikutnya, silahkan anda klik menu Change product key. Nantinya sebuah jendela baru akan terbuka dan anda bisa memasukan Producy Key Windows 10 yang sudah anda miliki setelah anda membeli Windows 10 original.

memasukan product key windows 10

Apabila product Key Windows 10 yang anda masukan terbaca benar dan valid oleh sistem, maka secara otomatis anda akan dibawa ke halaman berikutnya. Pada tahap ini anda cukup klik tombol Next saja agar Windows 10 bisa memulai proses aktivasi.

Proses activate Windows 10

Setelah anda menyelesaikan tahapan diatas, maka anda hanya cukup menunggu saja beberapa saat hingga proses aktivasi Windows 10 versi pro dan versi lainnya selesai. Cara Aktivasi Windows 10 Pro dan versi apaun memerlukan koneksi internet. Oleh sebab itulah, sebelum anda memulai untuk melakukan proses aktivasi, anda harus memastikan komputer atau laptop yang akan diaktivasi Windowsnya telah terkoneksi ke internet dengan baik.

Baca:   Cara Melihat Password Gmail Sendiri Baik Di PC Maupun Di Android

proses aktivasi windows 10 sedang berjalan

Jika proses aktivasi Windows 8 pada komputer anda sudah selesai dan dinyatakan sukses, maka akan muncul jendela pemberitahuan seperti pada gambar berikut ini.

Windows 10 telah berhasil di aktivasi

Setelah anda berhasil melakukan aktivasi pada Windows 10, maka tampilan pada jendela Activation akan mengalami perubahan dari yang sebelumnya belum teraktivasi, sekarang sudah teraktivasi. Silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Informasi windows 10 berhasil di aktivasi

Setelah anda berhasil melewati seluruh tahapan cara aktivasi Windows 10 Pro dan semua versi Windows yang lainnya, maka anda berhasil melakukan aktivasi Windows 10 secara permanen. Artinya, komputer yang berhasil anda aktivasi Windows 10 nya berarti sudah menggunakan Windows 10 Original.

Lalu bagaimana jika suatu saat Windows 10 yang berhasil diaktivasi mengalami kerusakan dan diharuskan untuk diinstall ulang? Kondisi tersebut tidaklah menjadi masalah, sebab karena anda sudah berhasil meng aktivasi Windows 10 pada komputer tersebut, maka anda bisa melakukan aktivasi Windows 10 berulang kali pada komputer maupun laptop yang sama.

Anda cukup melakukan install ulang Windows 10 pada komputer tersebut, lalu melakukan aktivasi ulang dengan cara yang telah dijabarkan didepan. Apabila komputer anda tidak pernah mengalami pergantian hardware baru, maka proses aktivasi Windows 10 bisa dipastikan berjalan dengan lancar.

Product key original yang sudah anda dapatkan dan gunakan untuk proses aktivasi Windows 10 hanya dapat digunakan untuk aktivasi pada Windows 10 versi yang sama. Contohnya apabila anda mengaktifkan secara legal Windows 10 Pro, maka product key yang anda miliki hanya bisa digunakan untuk Windows 10 Pro dan tidak bisa digunakan untuk Windows 10 versi yang lainnya.

Cara Aktivasi Windows 10 Pro dan untuk semua versi lainnya pada dasarnya bisa dikerjakan oleh siapapun. Sebab, pada dasarnya proses aktivasi Windows 10 bisa dikerjakan dalam waktu yang cukup singkat dan cukup mudah dipelajari. Sekian, terima kasih dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli smartphone baru

Anda ingin Membeli Smartphone Android? Inilah hal yang wajib diperhatikan

Bisa dipastikan di setiap bulannya selalu muncul generasi smartphone terbaru di pasaran. Dan tentunya bukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *