Home / Tips dan Trik / Belajar Memahami Mode Auto Fokus Kamera DSLR
Belajar Memahami Mode Auto Fokus Kamera DSLR

Belajar Memahami Mode Auto Fokus Kamera DSLR

Sekarang ini, hampir seluruh kamera DSLR telah memiliki sejumlah pilihan untuk melakukan autofocus. Mengambil gambar vas bunga yang berada di atas meja tentunya memerlukan teknik autofocus yang berbeda dengan mengambil gambar anak kecil yang sedang berlari menggiring bola di halaman.

Dikesempatan kali ini, penulis akan mencoba untuk membahas tentang mode auto fokus pada kamera DSLR. Barangkali, beberapa mode auto fokus pada kamera DSLR belum begitu Anda pahami sehingga teknik penggunaan mode atau fokus belum maksimal. Pembahasan Pada kesempatan kali ini terletak pada otofokus, bukanlah pada manual fokus sehingga tidak terlalu melebar.

Sejumlah Mode Autofocus Pada Kamera DSLR

Ketika anda memotret benda dalam kondisi diam, biasanya Anda memakai 1 buah titik fokus, kemudian mengunci fokus sekali, baru menjepret nya. Akan tetapi, Ketika anda memotret orang atau benda yang selalu bergerak dan berpindah lokasi, anda memerlukan kamera yang memiliki kemampuan untuk memindahkan titik fokus tersebut secara otomatis, Ikut pergerakan dari objek yang akan difoto. Informasi bagusnya, kamera jenis DSLR telah memiliki fasilitas tersebut. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Jenis Mode Auto Focus Single Area

Pada kamera DSLR merk Canon diberikan nama “One Shot AF”, sementara itu pada kamera DSLR bermerek Nikon, diberikan nama “single area AF”. Jika dilihat dari namanya, sudah terbaca Cukup jelas bahwa Anda memilih 1 buah titik fokus, selanjutnya kamera akan mencari kontras pada 1 area titik fokus tersebut.

Ketika anda menekan setengah tombol shutter atau menekan tombol AF on (apabila memakai kamera jenis DSLR yang mempunyai bagian tombol AF on terdedikasi), kamera secara otomatis akan mengunci fokus pada titik tersebut 1 kali. Apabila objek yang akan difoto berpindah tempat dan Walaupun anda tetap menekan setengah tombol shutter, fokus pada kamera tidak akan dipindahkan secara otomatis.

Baca:   Cara Lengkap Uninstall Program Aplikasi Di Laptop Sampai Bersih

Pada mode ini, anda tidak akan dapat menekan secara penuh tombol shutter untuk mengambil foto sebelum kamera dapat mengunci bagian titik fokus. Akan tetapi, kondisi tersebut dapat diakali melalui setting pada menu auto focus dan pengaturan fokus priority.

2. Jenis Mode Auto Focus Continuous/AI Servo

Mode di atas pada kamera DSLR bermerek Nikon diberikan nama “Continuous/AF-C”, sementara itu pada DSLR merk Canon diberikan nama “AI Servo”. Mode tersebut dipakai Ketika anda harus mengikuti pergerakan objek foto yang selalu berpindah posisi. Contohnya Ketika anda hendak memotret sport, mobil atau binatang yang selalu bergerak.

Pada mode tersebut, kamera akan bertugas menganalisa pergerakan objek serta membuat prediksi ke arah mana pergerakan objek dengan cara menempatkan titik fokus sedikit mendahului posisi objek. Dengan menerapkan mode continuous, anda dapat mengikuti pergerakan objek serta memperoleh fokus yang lebih tajam. Tekniknya yaitu dengan cara terus-menerus menekan setengah tombol shutter sambil membidik proses pergerakan objek, atau dengan cara terus menekan tombol AF on menggunakan jempol apabila tersedia.

3. Jenis Mode Autofocus Hybrid / Kombinasi Antara Continuous Dan Single

Pada kamera DSLR bermerek Canon diberikan nama “AI Focus”, sementara pada kamera bermerek Nikon diberikan nama “AF-A”. Mode ini adalah mode fokus kombinasi atau campuran antara continuos dan single, di mana kamera akan secara otomatis mengganti fokus dari continuous ke single atau sebaliknya mengikuti keadaan objek yang akan difoto. Apabila objek yang hendak difoto dalam keadaan diam, kamera akan menggunakan mode single. Sementara itu, ketika objek yang akan difoto bergerak, maka secara otomatis Akan berpindah ke mode Continuous.

Tentunya, mode tersebut tidaklah dimiliki pada setiap kamera DSLR. Bagi para pemula, pilihan model tersebut pada dasarnya sangat membantu, sebab bisa menghindari proses gonta-ganti pada mode fokus. Lantas, mode autofocus yang manakah ah yang paling baik anda gunakan?

Baca:   Ingin Data Anda Lebih Aman? Ikuti Cara Backup Data Android Secara Aman Dan Mudah

Jawabannya pada dasarnya cukup mudah, gunakanlah pedoman berikut ini:

  • Apabila Anda akan memotret objek dalam kondisi diam atau orang yang sedang berpose, gunakanlah mode single
  • Ketika anda akan memotret objek yang sedang bergerak secara konstan, pakailah mode continuos
  • Pada kebutuhan sehari-hari, anda dapat mensetting secara default pada mode continuous atau pada mode Hybrid. Barulah pada saat kamera sudah tidak dapat lagi melakukan penguncian fokus pada mode continuous, contohnya ketika memfoto pada keadaan sedikit gelap, silakan Anda pindah pada mode single.
  • Bagi para pemula di mana tangannya masih belum terbiasa untuk menggonta ganti mode fokus dengan cepat dan tepat, anda dapat memakai mode hybrid jika fasilitas tersebut tersedia pada kamera.

Teknik Mengganti Mode Fokus Pada Kamera DSLR

Teknik mengganti mode fokus tentunya berbeda antara kamera yang satu dengan kamera yang lainnya. Oleh sebab itu, penulis sangat menyarankan kepada anda untuk melakukan pengecekan secara manual pada buku panduan masing-masing kamera. Pada kamera bermerek Nikon ceri d300s atau D700, anda dapat menemukan Bagian pengait kecil yang berada pada an bagian depan sebelah kiri Mount lensa, yaitu M (amanual), AF-C dan AF-S. Sementara itu, pada kamera DSLR bermerek Canon, contohnya pada EOS 60D, Android dapat mengganti modul fokus dengan cara menekan tombol AF di bagian atas kamera yang nantinya akan ditampilkan pilihan mode fokus pada panel LCD bagian atas.

Demikianlah penjabaran mengenai sejumlah mode atau fokus yang tersedia pada kamera DSLR, baik yang bermerek Canon ataupun Nikon. Kedua merk kamera DSLR tersebut sangatlah populer dan memiliki banyak pengguna. Dengan memahami beberapa mode auto fokus di atas, anda sudah bisa mencoba untuk memaksimalkan penggunaan kamera DSLR sehingga hasil jepretan foto Anda jauh lebih baik dan maksimal.

Baca:   Cara Aktivasi Windows 10 Pro Dan Versi Lainnya Secara Resmi

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *