Home / Gadget / Beberapa Perbedaan iPhone Asli, Rekondisi Dan Refurbish
Beberapa Perbedaan iPhone Asli, Rekondisi Dan Refurbish

Beberapa Perbedaan iPhone Asli, Rekondisi Dan Refurbish

Ada sebuah semboyan yang mengatakan “Once you go Apple, you can’t go back”. Hal tersebut tentu sejalan dengan kondisi dimana seseorang yang sudah terbiasa memakai produk buatan dari Apple rata-rata sangat loyal dan terus membeli produk Apple versi terbarunya.

Seorang Technology Product Editor CNBC yang bernama Todd Haselton menyampaikan bahwasanya alasan utama masyarakat selalu membeli produk iPhone yaitu disebabkan karena betah terhadap ekosistem nya. Home, Siri, Apple TV, Mac OS, the App Store ios dan itu nes iTunes seluruhnya selalu terhubung sehingga menjadikan para pemakai cukup nyaman dan tidak mau berpindah ke produk lain.

Hanya saja, kenyamanan yang ditawarkan oleh iPhone tentu harus dibayar dengan harga yang cukup mahal. Apabila dibandingkan dengan produk yang se tipe, iPhone menjadikan pemakainya harus merogoh kocek lebih dalam. Oleh karena itu, apabila anda mau membeli iPhone, maka harus benar-benar mengetahui kualitasnya.

Perbedaan iPhone Asli, IPhone Refurbished Dan IPhone Rekondisi

Agar anda tidak menyesal di dalam membeli iPhone, sebelum membeli galilah informasi terlebih dahulu mengenai perbedaan iPhone refurbish, iPhone rekondisi, iPhone palsu dan iPhone asli. Jangan sampai Anda salah membeli produk iPhone yang harganya cukup mahal tersebut.

1. IPhone Asli

Dikarenakan sadar bahwa di luar sana cukup banyak orang yang selalu berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari tidak tahunya konsumen terhadap produk iPhone, penulis selalu berusaha untuk memilih serta membeli iPhone dan produk-produk Apple nya lewat distributor resmi.

Disamping ibox, masih banyak tersedia toko resmi yang menjamin produk Apple yang dijualnya benar-benar asli. Anda cukup mengunjungi halaman apple.com/id/buy, kemudian menginput lokasi, maka akan ditampilkan daftar toko lengkap dengan alamat serta nomor teleponnya.

Baca:   Panduan Lengkap Cara Memindahkan Foto Dari Laptop Ke iPhone Sangat Mudah

Selanjutnya, setelah anda membeli produk iPhone, langkah untuk meyakinkan serta memastikan keaslian dari produk yang Anda beli yaitu dengan mengecek International mobile station equipment Identity atau lebih dikenal dengan istilah IMEI. Masing-masing iPhone bisa dipastikan mempunyai IMEI khusus yang selalu berbeda dengan produk iPhone yang lainnya. Silakan Anda masukkan kode IMEI pada halaman iPhoneimei.info untuk mengetahui sejumlah informasi tentang iPhone yang Anda beli tersebut.

Cara Untuk Mengetahui IPhone Asli

  • Dari sisi harga, iPhone asli memiliki harga yang sesuai dengan yang tertera pada website resmi dan secara umum memiliki harga yang sama di sejumlah toko distributor resmi, kecuali apabila sedang ada diskon pada toko tersebut.
  • Dari sisi harga, garansi resmi yang ditawarkan oleh pihak Apple internasional berlaku selama 1 tahun
  • Dari sisi kemasan tentu seragam, dalam kondisi baik serta belum dibuka dan tersegel
  • Pada bagian IMEI akan ditampilkan informasi yang sudah terverifikasi. Seperti yang sudah dibahas di bagian depan bahwa kode IMEI pada iPhone bisa dicek di halaman iPhoneimei.info

2. IPhone refurbished

IPhone refurbish merupakan iPhone yang telah mengalami kerusakan, kemudian dilakukan perbaikan secara resmi oleh pihak Apple. Efeknya adalah harga yang ditawarkan sedikit lebih miring, namun kualitas yang dimilikinya tetap dalam kondisi baik, meskipun tidak akan bisa mengalahkan kualitas dari iPhone asli yang dalam kondisi baru. Sebagai informasi saja, anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut mengenai iPhone refurbished pada halaman store.apple.com/Catalog/irl/Images/apple_certified.html

Sebagai informasi saja, penulis dan seorang teman mencoba membeli iPhone 5S pada bulan yang sama, kurang lebih sekitar 2 tahun yang lalu. Selanjutnya, 3 bulan yang lalu ternyata iPhone refurbished teman penulis telah rusak, di mana letak kerusakannya adalah sudah tidak dapat menyala sama sekali setelah sebelumnya mengalami sejumlah kerusakan kecil.

Baca:   5 Aplikasi Fotografi Keren Untuk iPad dan iPhone Anda

Sementara itu, sampai dengan sekarang ini, iPhone yang penulis beli lewat ibox masih dalam kondisi baik. Walaupun pada dasarnya juga harus dilihat bagaimana cara memperlakukan iPhone masing-masing di kehidupan sehari-hari. Namun demikian, dapat dikatakan bahwa penulis dan teman penulis merupakan heavy user.

Cara untuk mengetahui iPhone refurbished:

  • Dari sisi harga, iPhone refurbished tentu lebih murah jika dibandingkan dengan harga iPhone yang tertera pada website resmi. IPhone refurbished secara umum dijual pada toko yang bukan merupakan distributor resmi dari Apple.
  • Dari sisi garansi, garansi resmi pada Apple internasional berlaku selama 1 tahun.
  • Dari sisi kemasan, pihak Apple membuat kemasan yang sedikit berbeda pada iPhone refurbished mereka.
  • Dari sisi IMEI, iPhone refurbished juga memiliki kesamaan dengan iPhone asli, di mana akan ditampilkan informasi yang sudah terverifikasi pada saat IMEI dicek pada halaman website iPhoneimei.info.

3. IPhone rekondisi

Persamaan yang dimiliki oleh iPhone rekondisi dan iPhone refurbished yaitu sama-sama sudah dilakukan perbaikan sebelum dijual kembali ke pengguna. Namun, pada jenis rekondisi, pihak yang melakukan perbaikan bukanlah dari Apple, namun dilakukan oleh pihak ketiga.

Berikutnya, iPhone rekondisi tersebut akan dijual kembali dalam kondisi lengkap, termasuk aksesorisnya, bukan dalam kondisi batangan atau lengkap namun kelihatan bekas seperti barang second. Tentunya cukup beresiko ketika Anda membeli iPhone rekondisi.

Kesimpulannya adalah iPhone rekondisi dan iPhone refurbished tidaklah termasuk kedalam kategori iPhone palsu, sebab yang dijual merupakan produk asli dari Apple. Namun, iPhone rekondisi memang telah dilakukan perbaikan sebelum dijual kembali ke user. Yang dimaksud dengan iPhone palsu yaitu jika sebuah iPhone yang memakai software dan hardware bukan dari Apple.

Baca:   Cara Mengatasi IPhone Dan IPad Tidak Terdeteksi ITunes

·        Cara untuk mengetahui iPhone rekondisi:

  • Dari sisi harga, iPhone rekondisi tentu jauh lebih murah dibandingkan dengan iPhone asli dan harga yang tertera pada website resmi dan secara umum dijual pada toko yang tidak masuk ke dalam distributor resmi Apple.
  • Dari sisi garansi, iPhone rekondisi kadangkala diberikan garansi distributor, namun kadang distributor tersebut tidak dikenal.
  • Dari sisi kemasan, biasanya menggunakan kemasan refurbish atau kemasan asli
  • Dari sisi IMEI, cukup banyak informasi yang tidak terverifikasi pada saat IMEI dilakukan pengecekan pada halaman iPhoneimei.info.

Lalu, bagaimana caranya apabila anda hendak membeli iPhone secara online? Disamping mengikuti beberapa tahapan di atas, sebelum anda memutuskan untuk membeli iPhone, pastikanlah terlebih dahulu bahwa penjual iPhone tersebut trusted, baca pula sejumlah komentar dari pembeli pembeli iPhone pada toko online tersebut.

Selain itu, lebih aman Apabila Anda membeli pada e-commerce yang sudah memberikan perlindungan pada setiap konsumennya, dibandingkan membeli pada situs yang tidak Anda kenal yang membuat anda menyesal di kemudian hari. Semoga saja, informasi mengenai cara membedakan iPhone asli, iPhone refurbished dan iPhone rekondisi bisa berguna dan bermanfaat untuk anda di dalam membeli produk Apple tersebut. Terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *