Home / Gadget / Beberapa Perbedaan Garansi IPhone International, Resmi dan Distributor
Beberapa Perbedaan Garansi IPhone International, Resmi dan Distributor

Beberapa Perbedaan Garansi IPhone International, Resmi dan Distributor

Para pengguna iPhone tentu berkeinginan untuk memahami sejumlah perbedaan garansi yang didapat setelah membeli produk buatan Apple tersebut. Beberapa jenis garansi iPhone yang cukup terkenal adalah garansi internasional, garansi resmi dan garansi distributor. Masing-masing jenis garansi tersebut memiliki sejumlah perbedaan yang perlu diketahui dan dipahami oleh setiap pembeli iPhone.

Sampai dengan awal bulan September tahun 2016, iPhone telah membuat produk sampai dengan seri iPhone 7 plus. Sementara itu, perusahaan Apple Inc itu sendiri meluncurkan smartphone pertama kalinya di tahun 2007, iPhone 3G. Bisa dikatakan, dari pertama sampai dengan terakhir pihak Apple selalu konsisten terhadap desain dan fitur dari produk yang dibuatnya.

Sejumlah ciri khas yang dimiliki oleh iPhone Yaitu penggunaan sistem operasi iOS yang begitu terkenal dengan anti lag dan anti lelet serta dilengkapi dengan fitur keamanan icloud yang menjadikan kenyamanan user dan keamanan data begitu terjaga. Pihak Apple selalu mengutamakan desain yang elegan, mewah, Megah dan simple yang semuanya terlihat pada desain iPhone di zaman sekarang ini yang telah memakai bahan metal secara keseluruhan, bukan terbuat dari plastik dibagian bodynya.

Selain itu, pihak Apple juga meniadakan port 3,5 MM pada seri iPhone 7, dimana hal tersebut Merupakan bukti bahwa Sisi desain adalah nomor satu. Selanjutnya, produk dari Apple juga memiliki keunggulan yang lain, yaitu layer yang telah memakai Retina Display, yaitu sebuah teknologi pada 1 pixel normal di dalam display terbagi menjadi 4 sehingga Anda tidak akan dapat melihat suatu pixel pada layar retina tersebut.

Sebab, Retina Display memang dibuat yang memiliki kemampuan sama dengan mata manusia di dalam melihat pixel tersebut. Bagian retina tersebut memerlukan pencahayaan di bagian belakang sehingga menjadikan Apple masih memakai LCD IPS, berbeda dengan smartphone Android yang masih memakai display jenis AMOLED.

Hal tersebut membuktikan bahwa sannya Apple begitu konsisten pada produk yang dibuatnya. Kondisi inilah yang menjadikan iPhone begitu digemari oleh banyak masyarakat, sebab belum ada yang bisa menyamainya.

Sejumlah Garansi IPhone

Jika dilihat dari pesatnya perkembangan iPhone, kita bisa menemukan cukup banyak produk berbasis Android yang menjiplak desain dari iPhone. Bahkan, pihak iPhone adalah sang pelopor dari nano SIM card pertama kalinya sampai dengan sekarang ini cukup banyak produk smartphone yang menjiplak nya.

Ciri lain yang dimiliki oleh iPhone yaitu posisi speaker yang ada di bagian bawah, bodi berbahan metal, bentuk kamera yang khas, serta sejumlah bagian lainnya yang telah ditiru oleh sejumlah smartphone. Kondisi inilah yang menunjukkan bahwa iPhone benar-benar menarik perhatian pihak konsumen sampai dengan pihak produsen yang sudah meniru produk iPhone tersebut.

Baca:   Cara Mudah Mengatasi iPhone Hanya Muncul Logo

Ditambah lagi, Sekarang ini juga cukup banyak beredar produk-produk iPhone refurbished dan rekondisi yang tentunya sudah tidak sesuai lagi dengan standar yang dimiliki oleh Apple. Kondisi ini tentu sangat merusak nama baik dari iPhone itu sendiri di mata masyarakat. Akan tetapi, konsumen yang memiliki pikiran cerdas hampir pasti bisa menyikapi hal tersebut dengan cukup mudah.

Sejumlah masyarakat sudah cukup mengenal sejumlah garansi yang dimiliki oleh iPhone, diantaranya adalah barang internasional, garansi resmi dan garansi distributor memang penafsiran dari penamaan garansi iPhone tersebut kerap kali berlainan di masyarakat tergantung dari pengetahuan masing-masing yang dimilikinya. Dari latar belakang itulah, penulis akan mencoba untuk membahas sejumlah perbedaan garansi iPhone internasional, resmi dan distributor.

Perbedaan Garansi IPhone Internasional, Resmi Dan Distributor

1. Garansi iPhone Internasional

Apakah yang dimaksud dengan garansi internasional? Pada dasarnya, tidak terdapat istilah garansi internasional, akan tetapi kalimat tersebut sudah terlanjur masuk di dalam masyarakat. Adapun yang dimaksud dengan garansi internasional pada iPhone yaitu produk iPhone yang dibeli berasal secara langsung dari pabrik atau negara pembuatnya. Dapat pula disebut sebagai peran negara, sebab seperti yang telah diketahui bersama bahwa di negara Indonesia tidak terdapat pabrik Apple, yang tersedia hanya reseller resminya saja

Adapun produk yang didapat dari reseller tersebut diberikan label garansi resmi. Garansi Internasional merupakan garansi yang sangat dicari oleh banyak pembeli produk iPhone baru dan juga bekas, sebab Berdasarkan informasi bahwa produk iPhone yang memiliki garansi internasional memiliki kualitas cukup bagus.

Lamun, anggapan tersebut juga tidak keliru. Sebab, pada dasarnya maksud dari garansi internasional pada iPhone merupakan garansi yang diberikan oleh pihak Apple secara langsung kepada pengguna tanpa melalui pihak ketiga. Akan tetapi, untuk bisa memperoleh garansi internasional tersebut, pihak konsumen Wajib datang secara langsung pada negara produsen iPhone tersebut.

Adapun pihak pembuat atau produsen iPhone yang paling dekat dengan negara kita yaitu negara Singapura. 1 bagian yang wajib dicermati pada iPhone yaitu kode negara pembuat iPhone. Contohnya, iPhone yang dibuat di negara Singapura mempunyai kode ZA/A. Akan tetapi, iPhone yang cukup banyak masuk di negara Indonesia yaitu memiliki kode LL/a, merupakan iPhone yang berasal dari USA.

Baca:   Panduan Lengkap Cara Memindahkan Foto Dari Laptop Ke iPhone Sangat Mudah

Ciri-ciri iPhone yang memiliki garansi internasional adalah sebagai berikut:

  • Garansi yang diberikan sudah terjamin keasliannya
  • Pengurusan klaim garansi hanya bisa dikerjakan pada negara asalnya
  • Tidak terdapat stiker yang meledak pada bagian depan box
  • Tidak terdapat stiker yang isinya kode produksi maupun apapun pada bagian belakang maupun depan box. Disitu hanya ada stiker asli yang berasal dari Apple
  • Charger yang diberikan memiliki kaki 3, sebab, Kaki Tiga adalah standar kelistrikan di negara wilayah Eropa. Akan tetapi, sekarang Ini garansi internasional pada iPhone juga sudah cukup banyak yang memakai kaki 2.
  • Plastik pembungkus dus lumayan lentur dan rapi
  • Aksesoris dijamin asli
  • Tidak adanya panduan yang menggunakan bahasa Indonesia pada box

Contoh dus iPhone yang menggunakan garansi internasional:

Open dus garansi iPhone international

iPhone Garansi International

2. Garansi iPhone Resmi

Apakah yang dimaksud dengan garansi iPhone resmi? Seperti yang telah disampaikan di bagian depan bahwa garansi resmi iPhone merupakan garansi yang berasal dari premium reseller Apple maupun pihak kedua pada negara yang tidak terdapat pabrik Apple. Seperti contohnya di negara Indonesia, meskipun tidak terdapat produk Apple dari negara Indonesia, akan tetapi terdapat premium reseller yang legal serta telah sesuai dengan perundang-undangan perdagangan di negara Indonesia.

Kondisi tersebut lah yang menjadikan harga Apple lebih tinggi dibandingkan dengan harga di negaranya, sebab setelah masuk ke negara Indonesia akan dikenakan Cukai dan pajak. Dari sisi kesenian dan kualitas produk, garansi internasional dan garansi resmi adalah sama saja. Letak perbedaannya yakni pada klaim garansi, di mana klaim garansi resmi bisa diklaim di premium resellernya, sementara itu garansi internasional harus diklaim di negara tempat produk berasal.

Selain itu, klaim garansi tidaklah dilakukan oleh pihak seller, namun pihak seller akan membantu konsumen di dalam mengklaim ke negara asal lewat bantuan premium seller tersebut. Efeknya adalah waktu klaim dapat memakan waktu cukup lama. Kesimpulannya, apabila anda hendak membeli iPhone baru, alangkah baiknya menanyakan garansi yang didapat, apakah garansi resmi atau garansi internasional. Tentunya, garansi resmi bisa menjadi pilihan, sebab bisa anda peroleh di tanah air sekaligus Anda bisa klaim garansi secara langsung, tidak perlu keluar negeri asal dari produk Apple tersebut.

Di negara Indonesia, terdapat beberapa contoh premium reseller iPhone, antara lain adalah Infinite, Story-i, estore, ibox dan lain sebagainya.-. Yang dimiliki adalah SCM, TAM, trikomsel, dan lain sebagainya.

Baca:   Inilah Beberapa Perbedaan IPhone SU dan FU

iBox garansi resmi

iPhone garansi resmi

3. Garansi iPhone Distributor

Apakah arti dari garansi iPhone distributor? Yang dimaksud dengan garansi distributor merupakan presenter pihak yang ketiga. Hal ini Tentunya hampir sama dengan garansi resmi, yang membedakannya adalah apabila garansi resmi memperoleh persetujuan secara langsung dari Apple, sementara itu garansi distributor tidak memperoleh persetujuan secara langsung dari apel atau tidak resmi.

Pada umumnya, garansi distributor pada bagian depan ada stiker yang bertuliskan garansi 1 tahun. Adapun isu yang cukup marak di masyarakat bahwasanya iPhone distributor merupakan barang atau sparepart yang didatangkan dari luar negeri, kemudian dilakukan perbaikan sendiri oleh distributor. Maksudnya adalah iPhone dengan garansi distributor merupakan iPhone bekas yang dikemas ulang dalam kemasan yang baru.

Hal tersebut yang menjadikan harga baru iPhone dengan garansi distributor 1 tahun lebih murah dibandingkan dengan iPhone yang memiliki garansi resmi 1 tahun. Selisih harganya dapat mencapai 1 jutaan. Barangkali, garansi distributor iPhone dapat dijadikan pilihan yang cukup tepat bagi Anda yang mempunyai kondisi keuangan menengah.

Sebagai informasi bahwa iPhone yang bergaransi distributor juga tidak sepenuhnya jelek, dapat dikatakan untung-untungan. Kadang kalau ada yang memperoleh iPhone yang bermasalah atau cacat di kemudian hari, akan tetapi ada pula iPhone dengan garansi distributor yang cukup awet sampai dengan bertahun-tahun. Terdapat sejumlah distributor iPhone di Indonesia, antara lain adalah B-Cell, The One, Platinum, Bless dan lain sebagainya.

Ciri-ciri iPhone dengan garansi distributor:

Ciri iPhone yang memiliki garansi distributor yaitu terdapat stiker pada bagian depan dengan tulisan nama distributor serta diikuti dengan tulisan garansi 1 tahun. Pihak distributor juga menerima klaim garansi, akan tetapi terkadang prosesnya cukup susah, terkadang ada sejumlah distributor yang tidak bertanggung jawab dengan memberikan komponen KW.

  • Walaupun iPhone masih dalam kondisi baru, garansi iPhone sudah expired
  • Kadangkala terdapat cacat pada iPhone hingga Anda harus benar-benar jeli di dalam membeli
  • Plastik yang digunakan untuk membungkus dus terkesan kaku dan kurang rapi
  • Aksesoris bawaan rata-rata OEM dan KW

iPhone garansi distributor

Dus iPhone garansi distributor

Sekian Uraian singkat tentang sejumlah perbedaan garansi pada iPhone, mulai dari garansi internasional, garansi resmi dan garansi distributor. Semoga saja, orang ini bisa bermanfaat untuk Anda sehingga Anda bisa lebih hati-hati dalam membeli iPhone sehingga memperoleh garansi yang benar-benar memberikan jaminan terhadap produk iPhone yang Anda beli. Terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *