Home / Hardware / Apa Saja Kelebihan Kekurangan Prosesor Intel dan AMD? Apa Saja Perbedaannya? Mana Yang Lebih Bagus?
Apa Saja Kelebihan Kekurangan Prosesor Intel dan AMD Apa Saja Perbedaannya Mana Yang Lebih Bagus

Apa Saja Kelebihan Kekurangan Prosesor Intel dan AMD? Apa Saja Perbedaannya? Mana Yang Lebih Bagus?

Berbicara tentang prosesor, yang tentunya kita tidak akan bisa terlepas dari dua nama produsen prosesor paling terkenal saat ini, yakni prosesor Intel dan prosesor AMD. Kedua jenis prosesor tersebut merupakan prosesor yang paling banyak digunakan pada komputer untuk saat ini. Padahal masih ada beberapa jenis processor lain, namun memiliki nama yang belum sebesar nama processor Intel maupun AMD.

Sebelum kita membahas tentang sejumlah perbedaan antara prosesor Intel dan prosesor AMD, tentunya kita harus memahami terlebih dahulu peranan utama prosesor pada komputer. Dengan memahami peranan utama prosesor, maka kita akan lebih mudah untuk memahami sejumlah hal yang berkaitan dengan prosesor, mulai dari performa, jenis processor mana yang lebih bagus, termasuk kelebihan dan kekurangan dari masing-masing prosesor.

Daftar isi:

  1. Fungsi processor pada komputer
  2. Generasi processor dari intel dan AMD
  3. Kelebihan dan kekurangan prosesor Intel dan AMD
  4. Fitur pada prosesor Intel dan AMD

Fungsi Processor Pada Komputer

Fungsi Processor Pada Komputer

Pada komputer, prosesor memiliki peranan yang sangat penting dan vital. Artinya, tanpa ada processor maka komputer tidak akan bisa beroperasi. Banyak yang menyebutkan bahwa processor merupakan otak dari komputer. Dengan demikian, manakala processor pada komputer mengalami kerusakan maka seluruh sistem pada komputer tersebut tidak akan bisa bekerja.

Produsen prosesor, baik dari intel maupun AMD selalu melakukan pengembangan pada prosesor buatan mereka. Di zaman dahulu, kecepatan prosesor masih ada pada orde mhz.namun, sekarang ini processor sudah memiliki kecepatan dalam orde ghz. Selain itu, Jumlah inti prosesor atau Core pada processor Intel maupun AMD sudah terpasang lebih dari satu, ada yang menggunakan dua Core, empat Core sampai dengan 8 Core.

Semakin tinggi kecepatan dari prosesor, maka akan membuat proses pengolahan instruksi yang diberikan oleh pengguna semakin cepat. Dengan demikian, maka proses perhitungan data bisa semakin cepat terselesaikan. Hanya saja, kecepatan dari processor harus diimbangi dengan harga yang semakin tinggi. Namun, apabila kita mencoba untuk mengkalkulasikan efektivitas bekerja menggunakan prosesor berkecepatan tinggi, maka harga prosesor yang mahal itu adalah seimbang dengan kinerja prosesor yang di dapat.

Prosesor di dalam komputer memiliki peran untuk mengolah seluruh instruksi yang masuk dari pengguna. Perintah-perintah yang diterima oleh prosesor nantinya akan diolah oleh sedemikian rupa sehingga pada akhirnya akan ditampilkan output atau keluaran dari proses pengolahan data yang diberikan.

Generasi processor dari intel dan AMD

Setelah kita memahami fungsi dasar dari prosesor di komputer, maka Mari kita lanjutkan pembahasan mengenai generasi processor baik dari intel maupun dari AMD. Tentunya, masing-masing produsen prosesor tersebut akan membuat sejumlah generasi prosesor, sehingga dari tahun ke tahun akan selalu ada perkembangan dari prosesor yang dibuat oleh para produsen prosesor Intel atau AMD tersebut.

Generasi Prosesor Intel

Generasi Prosesor Intel

Processor Intel memiliki generasi yang sangat banyak, dan tentunya dari tahun ke tahun akan ada peningkatan pada berbagai macam Generasi di prosesor buatan Intel tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh generasi prosesor Intel dari tahun ke tahun.

1. Generasi Prosesor Intel Tahun 1990 An

Generasi prosesor Intel yang pertama diawali pada tahun 1990. Pada tahun tersebut terdapat sejumlah prosesor, mulai dari processor Intel seri MCS4, prosesor Intel yang menggunakan arsitektur 8 bit i8008, processor Intel seri 8085, processor seri 8086 sampai dengan 8088 ( generasi ini masuk ke dalam generasi mikroprosesor), processor Intel 286 yang masuk ke dalam kategori mikroprosesor, dan processor Intel 486 DX CPU yang masuk ke dalam kategori mikroprosesor.

Masih di periode yang sama, produsen Intel mulai membuat prosesor dengan seri yang cukup berbeda, yakni prosesor Intel Pentium R, prosesor Intel Pentium Pro, prosesor Intel Pentium II, prosesor Intel Pentium II Pro, prosesor Intel Celeron, prosesor Intel Pentium III dan prosesor Intel Pentium III Xeon.

Baca:   Selamat Datang AMD Ryzen, Apa Yang Istimewa Dari Generasi Prosesor Ini?

2. Generasi Prosesor Intel Tahun 2000 An

Di tahun 2000-an, Intel mengeluarkan beragam processor yang merupakan perbaikan dan penyempurnaan dari generasi prosesor yang sebelumnya. Pada tahun 2000-an, Intel mulai memproduksi prosesor yang diberikan nama Intel Pentium 4, Intel Xeon, Intel itanium dengan Single Core processor, Intel itanium dengan dua prosesor, Intel Pentium mobile, Intel Pentium m 755/ 745 dan 735. Selanjutnya, produsen Intel juga memproduksi prosesor Intel Seri E7520 atau E7320. Pada periode yang sama, Intel juga membuat prosesor Intel Pentium D, Intel dual core, Intel Core 2 Duo dan Intel Core 2 quad seri q6600.

3. Generasi Prosesor Intel Terbaru

Seperti yang sudah di singgung pada bagian di atas bahwa perkembangan dari generasi prosesor amatlah saat. Dengan pesatnya teknologi perkembangan pada komputer, maka kita harus mampu untuk melakukan penyesuaian sehingga kita bisa mengoperasikan komputer dengan baik dan benar serta sesuai dengan SOP.

Generasi prosesor Intel terbaru dimulai dari Intel Core i3, Intel Core i5, Intel Core i7, Intel Core i9 dan Intel Xeon processor. Tentunya, masing-masing generasi tersebut memiliki varian yang berbeda, tergantung model dan arsitektur yang digunakan pada prosesor tersebut. Contohnya adalah processor i5, terdiri atas dua varian, yakni Intel Core i5 Vpro dan Intel Core i5 series. Demikian pula pada processor i7 di mana prosesor tersebut memiliki seri Intel Core i7 Series dan Intel Core i7 Vpro Dan prosesor Intel Core i7 Extreme Edition. Untuk generasi Intel Xeon processor, dibagi menjadi Intel Xeon E-series, Intel Xeon W-Series dan Intel Xeon Gold series.

Generasi Prosesor AMD

Generasi Prosesor AMD

Walaupun prosesor AMD memiliki nama yang tidak sepopuler nama processor Intel, namun pada kenyataannya pengguna dari prosesor AMD juga sangat banyak. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi karena sejumlah kelebihan yang dimiliki pada prosesor AMD, terutama pada generasi prosesor terbarunya.

Beberapa contoh generasi prosesor AMD yang sudah cukup lama digunakan di masyarakat diantaranya adalah prosesor AMD K5 yang mana prosesor tersebut merupakan prosesor paling awal digunakan. Selanjutnya, ada generasi prosesor AMD K6 yang mana prosesor tersebut sudah support untuk seluruh mainboard di komputer.

Pada generasi yang selanjutnya, produsen dari prosesor AMD juga membuat prosesor dengan nama Duron yang mana prosesor tersebut memiliki harga yang cukup murah, namun memiliki performa yang cukup baik, layaknya processor AMD athlon dalam bentuk Mini.

Generasi prosesor AMD yang selanjutnya adalah generasi AMD athlon dimana generasi tersebut dibagi menjadi tiga jenis, yakni AMD athlon 64 FX yang dilengkapi dengan antivirus, prosesor AMD athlon 64 dan prosesor AMD athlon standar. Generasi yang lain dari prosesor AMD adalah AMD sempron. Selanjutnya, ada pula processor AMD 64 X2 Dual Core yang mana prosesor tersebut merupakan prosesor yang diperuntukan untuk media intensitas cukup tinggi.

Pada generasi berikutnya, terdapat AMD opteron yang mana prosesor tersebut memiliki kemampuan untuk mendeteksi RAM dengan kapasitas sampai 1 TB.Tidak ketinggalan pula, ada processor AMD cadis, AMD Phenom dan AMD APU FM1 dan AMD APU FM2. Selanjutnya, ada generasi prosesor AMD yang hemat daya, yakni prosesor AMD turion. Di seri yang lain, terdapat AMD Orochi yang terkenal memiliki performa cukup tangguh.

Selain generasi prosesor AMD di atas, terdapat pula generasi prosesor AMD yang benar-benar baru dan diperuntukan untuk beberapa perangkat komputer khusus, misalnya adalah processor AMD opteron terbaru yang digunakan untuk komputer server. Ada pula jenis processor AMD yang digunakan untuk komputer server yang lainnya, yakni prosesor AMD EPYC.

Baca:   Tips Memilih PC Komputer Desktop Untuk Desain Grafis

Untuk generasi prosesor AMD yang lainnya adalah processoramd ryzen 7, AMD ryzen 5, AMD ryzen 3, serta prosesor AMD Ryzen Threadripper yang digunakan pada komputer laptop maupun desktop. Untuk generasi prosesor AMD FX series terdiri atas AMD FX-9830P dan seri FX-9800.

Kelebihan dan kekurangan prosesor Intel dan AMD

Masing-masing dari jenis prosesor, baik itu prosesor Intel maupun prosesor AMD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai konsumen tentunya kita harus memahami sejumlah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing prosesor, Sehingga nantinya kita bisa menentukan prosesor mana yang akan kita gunakan sebagai pusat pemroses data pada komputer.

1. Kelebihan Prosesor Intel

  • Prosesor Intel Memiliki proses pengaturan suhu yang cukup baik sehingga Temperatur dari prosesor tetap terjaga. Prosesor Intel memiliki kemampuan untuk mengurangi kecepatan kerjanya ketika suhu semakin meningkat. Dengan teknologi seperti itu, maka suhu processor akan stabil.
  • Processor Intel mempunyai ketahanan pada suhu yang cukup tinggi. Meskipun prosesor Intel telah memiliki teknologi untuk mengatur suhu supaya tetap stabil, ternyata kekuatan dari prosesor Intel juga cukup baik, yakni bisa bertahan bekerja pada suhu yang terlalu tinggi, sebagai antisipasi jika sistem pendinginan pada komputer sedang mengalami masalah.
  • Branding dari prosesor Intel juga cukup baik dibandingkan rivalnya. Hal tersebut tentu bisa terbukti dari jumlah pengguna dan jumlah pembeli komputer yang menggunakan prosesor Intel cukuplah banyak, bahkan lebih banyak dibandingkan para pengguna komputer berprosesor AMD. Hal tersebut mungkin saja dikarenakan munculnya prosesor Intel lebih dahulu dibandingkan dengan processor AMD.
  • Ada sejumlah teknologi pada komputer processor Intel yang memakai headset pasif atau tanpa kipas. Dengan teknologi seperti itu, maka suara bisa diredam, bahkan ditiadakan sama sekali. Sejumlah komputer yang menggunakan head sing passive adalah pada seri Intel Atom.
  • Prosesor Intel juga cocok digunakan pada program aplikasi multimedia. Hal tersebut dikarenakan prosesor Intel mampu memberikan tampilan grafis yang cukup jernih pada software aplikasi multimedia, Baik dari sisi audio maupun dari sisi tampilan.

2. Kekurangan Prosesor Intel

  • Harga dari prosesor Intel masih di atas rata-rata processor AMD. Dengan demikian, maka bisa dikatakan harga processor Intel lebih mahal dibandingkan dengan processor merk yang lainnya.
  • Prosesor Intel kurang kuat jika digunakan untuk menjalankan game, terutama game yang sudah menggunakan grafis 3D.
  • Penanganan aktivitas multitasking kurang bersahabat sehingga akan memperlambat kinerja komputer apabila digunakan untuk bekerja pada beberapa software sekaligus

3. Kelebihan Prosesor AMD

  • Prosesor AMD sangat kuat untuk menjalankan aplikasi game grafis berbasis 3D sehingga prosesor AMD sangat diminati oleh mereka yang senang bermain game di komputer
  • Processor AMD memiliki manajemen transfer data yang lebih baik sehingga proses transfer data dari dan ke berbagai macam perangkat bisa berjalan lebih cepat
  • Processor AMD mempunyai performa yang cukup bagus apabila digunakan untuk bekerja secara multitasking, atau bekerja menggunakan software dalam jumlah yang banyak.
  • Jumlah inti atom pada prosesor AMD cenderung lebih banyak sehingga akan menjadikan performa komputer tetap terjaga pada berbagai macam pekerjaan yang berat sekalipun.
  • Prosesor AMD dirancang untuk bisa bekerja sama dengan berbagai macam perangkat ataupun device dari vendor luar, misalnya VGA, chipset, dan device yang lainnya. Dengan demikian, prosesor AMD lebih kompetibel untuk disandingkan dengan perangkat dengan merek berbeda.
  • Prosesor AMD memiliki fasilitas proteksi terhadap virus yang lumayan bagus sehingga secara keseluruhan mampu untuk menjaga sistem security pada komputer.
  • Prosesor AMD memiliki harga yang lumayan murah sehingga tidak terlalu mengeras kantong kita.
Baca:   Peralatan Standart Lengkap Untuk Para Youtuber Yang Ingin Sukses

4. Kelemahan Prosesor AMD

  • Pada prosesor AMD generasi lawas, terkenal bekerja pada suhu yang tinggi. Walaupun demikian, pada prosesor generasi terbaru, permasalahan tersebut sudah tidak lagi dialami oleh pengguna komputer yang menggunakan prosesor AMD.
  • Branding dari prosesor AMD tidak sekuat prosesor Intel, sehingga jumlah pengguna aktif tidaklah sebanyak pengguna processor Intel
  • Processor AMD lemah untuk menjalankan aplikasi multimedia sehingga cukup banyak ditinggalkan oleh mereka para pengguna komputer yang bekerja pada bidang multimedia, baik di bidang animasi, broadcasting, perfilman dan desain grafis.
  • Prosesor AMD sangat sensitif terhadap suhu yang cukup tinggi sehingga pengguna harus selalu memastikan sistem pendingin pada prosesor AMD Tetap bekerja dengan baik. Apabila terjadi kenaikan suhu yang cukup signifikan, maka prosesor AMD akan cepat rusak.

Fitur pada prosesor Intel dan AMD

Fitur Pada Prosesor Intel Dan AMD

Vendor processor Intel maupun AMD selalu berlomba-lomba di dalam meningkatkan teknologi yang ada di dalamnya sehingga lebih mampu bersaing di pasaran. Apabila kita mencari prosesor yang handal untuk diajak bekerja, tentunya kita mencari prosesor yang memiliki banyak fitur. Lalu, fitur apa saja yang dimiliki oleh prosesor Intel maupun prosesor AMD? Silakan simak ulasan berikut ini.

1. Fitur Overclocking

Pada fitur overclocking, para pengguna prosesor AMD diberikan keleluasaan lebih lebar dibandingkan para pengguna prosesor Intel. Berbagai macam jalan untuk melakukan overclocking pada prosesor AMD dibuka cukup banyak sehingga para pengguna prosesor AMD bisa mengkonfigurasikan komputernya supaya bisa bekerja lebih cepat.

Sementara itu, pada prosesor Intel fasilitas untuk keperluan overclocking banyak yang ditutup. Bahkan, banyak jenis processor Intel yang menutup fitur overclock, baik di sisi multiplier processor maupun FSB. Hanya terdapat beberapa seri prosesor Intel saja yang bisa di overclock, yakni seri prosesor Intel Core yang belakangnya diakhiri dengan kode “K”.

Namun, bagian yang perlu diingat pada fitur overclocking tersebut adalah kemampuan untuk mereduksi panas yang ditimbulkan oleh prosesor pada saat bekerja haruslah baik. Selain itu, kemampuan untuk mengatur overvoltage juga harus dimiliki pada masing-masing processor supaya tegangan yang terlalu tinggi tidak membuat rusak prosesor.

2. Fitur Multitasking

Jumlah Core pada prosesor AMD cenderung lebih banyak dibandingkan pada processor Intel. Hal tersebut tentu akan menjadikan prosesor AMD lebih bagus performanya ketika menjalankan banyak aplikasi dalam 1 waktu. Jumlah core yang lebih banyak pada prosesor AMD akan menjadikan kinerja semakin ringan dan pada akhirnya beragam tugas yang jumlahnya banyak bisa diselesaikan lebih cepat.

3. Fitur Kecepatan Processor

Kecepatan kerja dari prosesor sangat dipengaruhi oleh jumlah Core pada processor yang bersangkutan. Tentunya, karena prosesor AMD memiliki jumlah Core yang cenderung lebih banyak dibandingkan dengan processor Intel, maka hal tersebut akan menjadikan prosesor AMD memiliki kecepatan yang lebih bagus dibandingkan dengan processor Intel. Namun demikian, vendor dari processor Intel terus berupaya untuk menggenjot kecepatan prosesor buatan mereka, sehingga di perkembangan teknologi prosesor terakhir, prosesor Intel sudah ada yang mampu berjalan pada kecepatan 3,0 GHZ.

Setelah kita membaca ulasan di atas, baik mengenai perbedaan processor Intel dan AMD, kelebihan dan kekurangan prosesor Intel dan AMD, serta fitur yang dimiliki oleh prosesor Intel dan AMD, tentunya kita sudah mampu untuk mengambil kesimpulan mana prosesor yang terbaik. Namun, apabila digarisbawahi, sebenarnya antara prosesor Intel dengan prosesor AMD tidaklah ada yang sempurna, sebab Kedua merek prosesor tersebut akan bekerja secara maksimal pada penggunaan aplikasi yang sesuai. Oleh karena itu, kita harus bijak di dalam mengambil pilihan prosesor yang akan kita gunakan di komputer, sesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan. Semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Upgrade HDD Laptop Menggunakan HDD External

Cara Upgrade Atau Ganti HDD Laptop Menggunakan HDD External

Di hari yang baik ini, penulis akan mencoba untuk Sharing tentang cara cara upgrade atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *