Home / Tips dan Trik / Anda Bosan Sering Cas Smartphone ? Pahami Penyebab Baterai Android Boros Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Baterai Android Boros Dan Cara Mengatasinya

Anda Bosan Sering Cas Smartphone ? Pahami Penyebab Baterai Android Boros Dan Cara Mengatasinya

Komponen baterai adalah salah satu komponen pada smartphone Android yang sering dikeluhkan oleh para pemakainya. Adapun salah satu permasalahan yang kerap kali dikeluarkan oleh mereka Yaitu konsumsi baterai yang lumayan boros.

Tentunya, lumayan banyak smartphone berbasis Android keluaran paling baru sudah dibekali baterai dengan kapasitas yang lumayan besar. Akan tetapi, hal tersebut tidaklah bisa mengatasi beragam keluhan dari para pemakainya. Pada dasarnya, kapasitas dari baterai tidaklah begitu mempengaruhi pada hemat atau boros nya komponen baterai tersebut.

Terdapat sejumlah faktor yang dapat menjadikan baterai Smartphone Android Anda lebih boros. Akan tetapi, Apakah anda mengetahui bahwa pada dasarnya terdapat cara untuk menghindari berbagai macam hal tersebut. Berikut ini adalah sejumlah penyebab yang menjadikan baterai Smartphone Android menjadi lebih boros lengkap dengan cara mengatasinya.

Penyebab Baterai Android Boros Serta Cara Mengatasinya

1. Aplikasi Yang “Rakus” Baterai

Sebagai pemakai smartphone Android, barangkali anda sudah dimanjakan dengan sejumlah aplikasi yang dapat dipakai. Akan tetapi, Anda harus cukup berhati-hati, sebab terdapat kemungkinan ada satu atau bahkan lebih aplikasi yang dapat menjadikan baterai anda terkuras dengan cepat.

Guna mengetahuinya, anda dapat masuk pada menu “settings”, kemudian pilih menu “Battery” untuk mengetahui aplikasi mana saja yang benar-benar rakus menyedot daya baterai Smartphone anda.

Guna proses pemeriksaan yang lebih detail, anda dapat memakai aplikasi khusus untuk memonitor baterai seperti aplikasi “gsam baterai monitor”. Aplikasi tersebut akan bertugas untuk menampilkan data dari penggunaan baterai dari seluruh aplikasi yang terinstal pada smartphone. Apabila Anda menemukan aplikasi yang tidak terlalu penting serta membuat baterai lebih boros, silakan langsung uninstall saja.

Baca:   Daftar Aplikasi Pelacakan Nomor Ponsel Terbaik Android

2. Kondisi Baterai Yang Sudah Lawas Atau Usang, Gantilah Dengan Yang Terbaru

Pada dasarnya, harusnya Anda jauh lebih peka terhadap permasalahan ini. Apabila anda telah mengetahui bahwa smartphone Android Anda telah dipakai cukup lama serta “berusia lanjut”, kemampuan dari baterai juga akan mengalami penurunan.

Terkait dengan kondisi tersebut, apabila dirasakan penggunaan baterai lumayan boros, secepatnya ganti baterai yang lawas dengan baterai yang baru. Tentunya, baterai yang baru akan dapat memberikan performa serta Daya tahan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan baterai yang lama.

3. Charger Yang Rusak Atau Bermasalah

Kondisi charger yang rusak atau bermasalah adalah salah satu sumber yang menyebabkan baterai lebih boros. Tanda-tanda baterai boros memang tidak selalu dikarenakan oleh performa smartphone serta baterai itu sendiri. Charger yang telah rusak serta tidak dapat bekerja dengan baik juga berpeluang menjadikan baterai tidak dapat berfungsi dengan baik.

4. Sistem Operasi Android

Sistem operasi Android pada smartphone yang menjadikan aplikasi serta fitur tetap bisa berjalan. Namun nyatanya sistem Android juga menggunakan sumber daya baterai yang lumayan besar. Pada sejumlah kasus, sistem operasi Android dapat menguras sumber daya baterai sampai dengan 25%. Apabila kondisi tersebut terjadi di Smartphone Anda, maka dapat dipastikan baterai akan sangat boros. Adapun langkah untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan downgrade ke sistem operasi yang lebih rendah.

Contohnya, apabila anda sekarang ini memakai sistem operasi Android marshmallow, maka anda dapat mencoba untuk downgrade ke sistem operasi Lollipop. Selain itu, terdapat alternatif lain yaitu dengan cara melakukan factory reset. 2 langkah tersebut cukup diyakini dapat mengatasi permasalahan baterai boros yang diakibatkan oleh sistem operasi Android.

Baca:   Cara Mudah Screenshot Di Laptop Asus Dengan Cepat

5. Masalah Pada Google Play Service

Fitur ini adalah salah satu fitur dari Google yang sudah terbukti di dalam menguras sumber daya baterai lumayan besar. Namun, cukup disayangkan bahwa anda tidak akan dapat meniadakan fasilitas Google Play service, sebab aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang cukup penting pada perangkat android anda.

Adapun langkah untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan masuk ke menu “settings”, kemudian pilih “applications”, kemudian pilih “all”, lalu pilih “Google Play service”. Selanjutnya, silakan Anda tap pada menu clear cache. Langkah ini akan bisa memperbaharui aplikasi Google Play service serta menghentikannya dari aktivitas pengurasan baterai yang lumayan besar.

6. Fasilitas Auto Brightness

Barangkali, fitur auto brightness tidak terlalu mendapat perhatian oleh anda, namun ternyata sangat mempengaruhi pada umur baterai di Smartphone anda. Para pemakai yang cukup malas di dalam menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara manual, hampir pasti memanfaatkan fasilitas auto brightness.

Akan tetapi, pada sisi yang lain terdapat pula pemakai yang secara tidak sadar sudah mengaktifkan mode auto brightness tersebut. Padahal, mode Auto brightness sangat boros didalam menguras baterai. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk menggunakan pengaturan brightness secara manual di dalam mengatur tingkat kecerahan layar.

7. Memendekkan Waktu Sleep

Layar yang semakin sering menyala tentunya akan mengkonsumsi daya baterai semakin banyak. Adapun salah satu trik yang bisa digunakan untuk menghemat pemakaian baterai Yakni dengan cara memperpendek waktu sleep maupun screen time out.

Cukup disarankan untuk dapat memilih waktu yang tersingkat, yang menjadikan layar smartphone yang sudah tidak dipakai lagi dapat segera redup dan padam.

8. Mengawasi Background Apps Dan Widget

Sejumlah aplikasi pada smartphone Android yang berjalan secara background seringkali tidak digunakan, namun dapat dengan cepat menguras sumber baterai Smartphone anda. Anda dapat mencoba untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara cara mengatur periode update agar lebih jarang. Contohnya, aplikasi cuaca yang sebelumnya telah disetting untuk update setiap 1 jam sekali, diganti menjadi 4 atau 5 jam sekali.

Baca:   Tips Mengatasi Touchscreen Macet Dan Error Pada Android

Sekian Uraian singkat tentang bagaimana cara mengatasi baterai smartphone Android yang cukup boros. Tentunya, dari kedelapan tips diatas diharapkan ada yang bekerja dengan baik pada smartphone yang anda miliki sehingga performa baterai pada smartphone Anda semakin bagus dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Terima kasih atas kepercayaan Anda pada blog ini, selamat beraktifitas.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *