Home / Tips dan Trik / 9 Solusi Mengatasi Usb Device Not Recognized Windows 7, 8 Dan 10
Solusi Mengatasi Usb Device Not Recognized Windows 7, 8 Dan 10

9 Solusi Mengatasi Usb Device Not Recognized Windows 7, 8 Dan 10

Mungkin saja, suatu saat anda mendapatkan masalah di mana pada saat menancapkan perangkat usb akan muncul pesan USB device not recognized. Sejumlah perangkat usb yang bisa jadi mendapatkan permasalahan tersebut diantaranya adalah flash disk, kamera, USB keyboard, USB Mouse, dan perangkat yang lainnya.

Bisa dikatakan, sekarang ini tentu sangat sulit mengkoneksikan perangkat tanpa menggunakan port USB. Sebab, PC maupun laptop tidaklah termasuk barang mewah lagi, dan sekarang ini masing-masing pengguna komputer membutuhkan setidaknya 5 port, yakni untuk printer, telepon, kamera, iphone dan juga mau.

Apabila anda sering mendapatkan permasalahan USB device not recognized, maka pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba menjabarkan 9 solusi jitu di dalam mengatasi USB device not recognized pada Windows 7, 8 dan 10. Tujuannya adalah supaya Anda dapat segera mengatasi permasalahan USB device not recognized dan anda bisa secepatnya menggunakan perangkat via port USB tersebut tanpa harus menunggu teknisi terlebih dahulu.

Seperti yang sudah di sampaikan di depan bahwa solusi untuk memperbaiki Permasalahan USB device not recognized tidak hanya berjumlah satu, akan tetapi ada banyak metode yang bisa dicoba. Nantinya, anda bisa mencoba satu demi satu metode yang akan penulis bahas hingga permasalahan kesalahan USB device not recognized bisa segera teratasi.

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Pada Windows 7, 8 Dan 10

Di bawah ini adalah sejumlah metode untuk mengatasi kendala atau error USB device not recognized yang sering terjadi pada Windows 7, 8 dan 10.

1. Lakukan Unplug Komputer

Maksud dari unplug komputer yaitu mematikan komputer. Mematikan komputer yang dimaksud di sini tidaklah di restart, akan tetapi di cabut kabel powernya, lalu dipasang kembali setelah durasi 1 menit. Apabila anda cukup beruntung pada metode ini, langkah yang cukup sederhana ini sudah dapat memperbaiki permasalahan USB device not recognized. Tujuan melakukan unplug pada sesi ini yakni Agar motherboard di Restart, sebab memang perangkat motherboard membutuhkan restart.

Motherboard merupakan pusat dari komputer, di mana seluruh perangkat pada komputer terpasang pada motherboard tersebut. Oleh sebab itu, Silahkan lakukan metode yang pertama ini. Sebab, di samping lebih sederhana dan simple, juga tentunya sangat mudah dikerjakan. Apabila metode ini belum berhasil, silakan Anda lanjutkan mengerjakan metode yang kedua.

Baca:   Cara Update Windows 10 Ke Versi Terbaru Secara Otomatis

2. Lakukan Update Pada Device Driver USB

Untuk solusi yang kedua adalah dengan cara mengupdate driver USB. Apabila anda mendapati pesan USB device not recognized yang muncul pada laptop atau komputer anda, anda bisa mencoba metode yang kedua ini. Langkah nya yakni dengan cara update driver pada komputer atau laptop anda. Urutannya adalah dengan mengklik tombol Start menu, lalu ketik perintah “devmgmt.msc” pada kotak pencarian. Anda juga bisa mengakses control panel, kemudian pilih menu device manager.

USB Device Not Recognized

Lakukan pengecekan pada jendela device manager, apakah terdapat “Unkwon Device” seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Apabila ada, silakan Anda klik tulisan “Unkwon Device”, lalu silakan Klik Kanan dan pilih menu properties. Selanjutnya, silakan klik driver, lalu klik menu Update driver. Untuk lebih jelasnya, Perhatikan gambar di bawah ini.

Update Driver

Apabila metode ini masih gagal, anda bisa mencoba untuk mengunduh driver yang diperuntukkan buat perangkat anda lewat website resmi dari perangkat yang Anda gunakan. Contohnya, apabila perangkat tersebut adalah flash disk atau USB flash Drive.

3. Lakukan Restart Dan Disconnect Pada USB Device.

Solusi ketiga yaitu melakukan restart serta melepas seluruh USB device yang ada. Langkah ini mungkin saja disebabkan permasalahan kecil yang ada pada driver sehingga hanya memerlukan restat saja. Oleh sebab itu, silakan Anda lepaskan seluruh perangkat pada port USB yang tersedia, lalu restart laptop atau komputer apabila telah menyala. Kemudian, silakan Anda pasang kembali perangkat pada port USB.

Lakukan pengecekan, apakah pada port USB tersebut dikenali atau tidak. Apabila tidak, anda bisa mencoba untuk memindahkan pada port USB yang lainnya. Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh posisi yang tidak cocok saja. Semoga saja, metode ketiga ini sudah bisa mengatasi permasalahan anda.

4. Lakukan USB Root Hub

Masih gagal di solusi yang ketiga? Lakukan segera. Sebab, metode ini sangatlah efektif apabila permasalahan USB device not recognized tidak terletak pada hardware. Langkahnya yaitu dengan membuka device manager, lalu masuk ke bagian USB serial bus controller. Silakan Anda Klik Kanan bagian USB root hub, lalu pilih menu properties.

Baca:   Anda ingin Membeli Smartphone Android? Inilah hal yang wajib diperhatikan

Langkah berikutnya, silakan Anda klik pada tab manager power, kemudian buang tanda centang pada bagian allow the computer to turn off this device to save power. Apabila anda mempunyai cukup banyak USB root, maka anda harus mengulangi langkah-langkah tersebut pada setiap USB. Silahkan anda klik tombol OK dan lanjutkan restart laptop atau pc anda.

USB Root Hub Properties

Setelah komputer atau laptop Menyala kembali, Silakan dicoba memasang kembali device pada port USB. Apabila permasalahan USB device not recognized masih ada, anda bisa kembali ke bagian tab manajemen daya, kemudian berikan tanda centang lagi.

5. Lakukan Connect Directly To PC

Menggunakan USB sambungan merupakan salah satu penyebab munculnya error USB device not recognized. Hal ini berdasarkan pengalaman yang sudah penulis alami. Penulis pernah memiliki 8 port USB yang tidak dapat bekerja sebab menggunakan USB tambahan. Ini adalah suatu kesalahan. Cobalah untuk langsung menancapkan perangkat pada port USB yang ada di PC atau laptop. Janganlah menggunakan USB sambungan. Sebab, dengan memanfaatkan USB sambungan bisa menjadi penyebab rusaknya alat.

6. Lakukan USB Trouble Shooter

Masih gagal Setelah menerapkan solusi yang kelima? Kerjakan solusi ke-6 berikut ini. Lakukan USB trouble Shooter. Langkah nya yakni dengan mendownload software ini (https://support.microsoft.com/en-us/help/2970908/how-to-use-microsoft-easy-fix-solutions). Lalu, silakan pakai atau kerjakan guna mengecek keseluruhan. Software tersebut merupakan software yang dibuat oleh Microsoft untuk Windows serta gratis serta dapat diaplikasikan pada Windows 7, 8 dan 10.

Windows USB Troubleshooter

7. Lakukan Update Pada Generic USB Hub

Apabila laptop atau komputer anda mengalami Unknow device error pada device manager, silakan Anda coba untuk mengupdate generic USB hub. Silakan Anda buka jendela device manager, lalu silakan Anda tuju kebagian universal serial bus controller. Lanjutkan dengan mencari generic Hub. Rata-rata, terdapat sejumlah menu tersebut di satu laptop atau komputer. Pilih yang pertama, lalu Klik Kanan, kemudian pilih menu update driver software.

Update Driver Software Generic USB Hub

Pada saat akan melakukan update, maka dimunculkan pop-up. Silakan Anda browser my computer for driver software.

Browse my computer for driver software

Lanjutkan dengan mengklik pilihan “let’s me pick from the list of device drivers on my computer” seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Baca:   3 Cara Mudah Repair Windows 10 Dengan Cepat

let's me pick from the list of device drivers on my computer

Dari daftar yang tersedia, silakan Anda pilih generic USB hub. Rata-rata, tidak tersedia daftar apapun, kecuali hanya satu pilihan. Lanjutkan dengan Klik tombol next, lalu Klik tombol close setelah anda menyelesaikan proses instalasi.

8. Lakukan Di Uninstall USB Devices

Untuk solusi yang paling akhir, anda tentunya dapat mencoba untuk uninstall seluruh perangkat usb dari sistem operasi komputer anda, lalu merestart nya. Penulis mengatakan ini adalah solusi terakhir, sebab secara teori, komputer akan mencoba mengenali USB controller, serta perangkat yang terpasang dengan otomatis, meskipun kadang-kadang juga mengalami kegagalan serta tidak ada port USB yang bisa bekerja.

Langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

Buka jendela Device Manager, kemudian mulailah untuk uninstall masing-masing item yang ditandai di bagian bawah driver USB serial bus controller. Sebagai catatan, mulailah untuk uninstal hitam yang memiliki nama unknow device.

USB Mass Storage Device

9. Lakukan Uninstall Pada Hidden Device

Masih gagal juga setelah mengerjakan solusi yang ke-8? Solusi yang ke-9 ini benar-benar solusi yang terakhir apabila seluruh solusi yang Anda coba mengalami kegagalan. Terdapat cukup banyak devices yang telah terinstal, namun sudah tidak lagi dipakai. Pada kondisi tersebut, maka device tersebut akan di hidden. Oleh sebab itu, kita bisa melakukan install hidden device guna mengatasi permasalahan USB device not recognized

Beberapa device yang terhidden bisa menyebabkan crash. Akibatnya adalah komputer atau laptop tidak akan memberikan respon pada setiap perintah di port USB.Untuk mengatasinya, silakan Anda buka CMD atau command prompt di Windows. Ketik perintah di bawah ini.

Set DEVMGR_SHOW_DETAILS=1 pada CMD

Set DEVMGR_SHOW_DETAILS=1

Set DEVMGR_SHOW_NONPRESENT_DEVICES=1

Start devmgmt.msc

Pada saat proses sedang bekerja, Anda harus mengklik pada bagian “View” serta klik pola pada bagian “show hidden device“. Sebagai catatan, solusi ini bisa anda terapkan pada Windows XP, Windows 7, Windows 8 dan 10.

USB Mass Storage Device

Demikianlah beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan USB device not recognized yang bisa anda terapkan pada Windows 7 8 dan 10. Mudah-mudahan, dari sekian banyak solusi yang sudah penulis jabarkan, salah satunya bisa bekerja dan mengatasi permasalahan pada port USB di laptop atau komputer anda. Terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli smartphone baru

Anda ingin Membeli Smartphone Android? Inilah hal yang wajib diperhatikan

Bisa dipastikan di setiap bulannya selalu muncul generasi smartphone terbaru di pasaran. Dan tentunya bukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *