Home / Tips dan Trik / 3 Cara Masuk Safe Mode Windows 7 Super Mudah
Cara Masuk Safe Mode Windows 7

3 Cara Masuk Safe Mode Windows 7 Super Mudah

Bagi yang sudah paham, cara masuk safe mode pada Windows 7 sangatlah mudah. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Anda yang baru pertama kali belajar memahami sistem operasi Windows 7. Dari latar belakang itulah, pada tulisan kali ini penulis akan mencoba untuk membahas sejumlah cara masuk safe mode pada Windows 7.

Sebelum kita membahas mengenai langkah apa saja yang bisa dikerjakan untuk masuk ke safe mode windows 7, Mari kita bahas sejumlah manfaat atau kegunaan safe mode pada Windows 7. Secara umum, fungsi dari safe mode windows 7 adalah untuk mempermudah proses trouble shoting ketika sistem operasi Windows 7 mengalami masalah.

Trouble shoting yang bisa dikerjakan pada Windows 7 mencakup pada dua sisi, yakni perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software. Jadi, jika komputer atau laptop Anda yang menggunakan Windows 7 dan kebetulan sedang bermasalah, barangkali masuk safe mode adalah salah satu jalan untuk mengetahui sumber permasalahan tersebut.

Beberapa Manfaat Safe Mode Pada Windows 7:

  1. Masuk ke registry editor yang bertujuan untuk melakukan pengeditan atau hanya sekedar melakukan pemeriksaan saja
  2. Menjalankan sejumlah fitur yang ada pada Control Panel, Administrative Tools, dan sejumlah Fitur inti yang lainnya di Windows 7
  3. Mengembalikan setting pada kondisi sebelumnya lewat fitur System Restore. Namun, fitur System Restore tersebut hanya bisa digunakan apabila sebelumnya tidak dimatikan. Apabila fungsi dari System Restore dimatikan, maka kita tidak bisa mengembalikan setting ke posisi yang diinginkan.
  4. Menghapus file yang terinfeksi virus atau virus itu sendiri. Sekarang ini, virus sangat sulit dihentikan atau dihapus pada mode normal, sebab virus tersebut akan running sebagai sistem sehingga prosesnya tidak bisa dihentikan. Kondisi tersebut akan menjadikan virus menjadi kebal dari antivirus dan tidak dapat dihapus. Dengan masuk pada safe mode, maka kita bisa mencoba scan laptop atau komputer menggunakan antivirus, barangkali virus tersebut dalam kondisi non aktif sehingga bisa dihapus.
  5. Memastikan Dan melakukan pemeriksaan pada komponen VGA yang bermasalah, terutama pada sisi tampilan. Opsi yang bisa dipilih adalah dengan masuk ke menu “Enable VGA Mode“. Jika pada menu tersebut tampilan dari VGA tidak bermasalah, maka dimungkinkan letak permasalahan ada pada bagian driver VGA.
  6. Menghapus atau Uninstall sejumlah software aplikasi yang tidak bisa dihapus pada mode normal atau pada mode normal mengakibatkan komputer ngadat atau hang. Kondisi tersebut sering terjadi pada saat anda selesai menginstal software baru yang tidak kompetibel. Termasuk adalah ketika anda menginstal driver yang tidak cocOK dengan hardware yang bersangkutan, maka hampir pasti komputer akan mengalami masalah, misalnya hang atau blue screen.
Baca:   Cara Membuat Menu Windows 8 Safe Mode Pada Bagian Boot Manager

Setelah kita memahami begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari safe mode pada Windows 7, tentu kita sangat berharap untuk bisa memahami Bagaimana cara mudah masuk safe mode pada Windows 7. Nantinya, jika kita sudah paham metode masuk ke safe mode pada Windows 7, maka kita bisa melakukan trouble shoting sendiri terhadap sejumlah permasalahan pada Windows 7 tersebut.

Cara Masuk Safe Mode Windows 7

Cara masuk ke safe mode pada laptop atau PC OS Windows 7 bisa dilakukan dengan 3 metode. Metode-metode tersebut bisa dikatakan sangat sederhana dan mudah untuk diikuti serta dipraktekkan oleh siapa saja. Penasaran ingin mencobanya? Lanjut terus membaca ulasan berikut ini

1. Metode Pertama Cara Masuk Safe Mode Windows 7

Metode pertama ini merupakan metode yang paling umum digunakan dan diterapkan oleh hampir semua pengguna laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 7. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Jika laptop atau komputer anda dalam kondisi mati, silahkan anda tekan tombol power untuk menyalakan. Namun, jika laptop atau komputer anda dalam kondisi menyala, Silakan anda restart.
  • Sesaat setelah laptop atau komputer menyala dan proses Post ( Power on self test) pada laptop atau PC selesai, silakan Anda tekan tombol F8. Apabila anda gagal masuk ke safe mode windows 7, maka laptop atau komputer akan booting seperti biasa. Agar peluang keberhasilan Anda masuk ke safe mode semakin besar, anda bisa menekan tombol F8 beberapa kali.
  • Apabila anda berhasil masuk ke safe mode pada Windows 7, maka akan ditampilkan di jendela “Advanced boot options” yang didalamnya berisi sejumlah menu yang bisa dipilih. Secara garis besar, menu safe mode yang bisa dimanfaatkan Untuk keperluan trouble shooting pada sistem operasi Windows 7 adalah:
    Cara Masuk Safe Mode Windows 7
Baca:   Kumpulan Cara Reset Password Pada Windows 7 Paling Komplit

Safe mode with command prompt, fitur ini akan membawa anda ke fungsi safe mode dengan tampilan command prompt atau CMD pada layar utamanya

Safe mode with networking, fitur ini akan membawa anda ke fungsi safe mode dengan mengaktifkan fungsi-fungsi yang ada pada jaringan. Fungsi ini memiliki tujuan agar Anda bisa melakukan trouble shooting komputer dengan memanfaatkan jaringan komputer.

Safe mode, fitur ini akan membawa anda ke fungsi safe mode dengan menonaktifkan fungsi jaringan maupun internet.

2. Metode Kedua Cara Masuk Safe Mode Windows 7

Kadangkala, jika komputer kita terinfeksi virus yang mendisable fungsi dari F8, maka kita tidak akan bisa masuk ke safe mode pada Windows 7 dengan menekan tombol F8. Sebagai alternatif nya, kita bisa menggunakan metode yang ke-2. Metode ini bisa bekerja Apabila Anda masih bisa masuk ke tampilan desktop Windows 7. Berikut adalah urutannya.

  • Silakan Anda akses menu Run dengan cara Klik tombol Start, kemudian pilih menu Run. Selain itu, anda juga bisa menekan tombol kombinasi Windows + R untuk memanggil jendela Run.
  • Setelah jendela Run terbuka, silakan Anda ketik perintah “msconfig“, kemudian Klik tombol OK atau tekan tombol Enter di keyboard.
    run msconfig
  • Langkah selanjutnya, silakan Anda masuk ke tab “Boot
    tab boot pada system configuration
  • Setelah jendela msconfig pada tab “Boot” terbuka, silakan Anda Beri tanda ceklist pada opsi “Safe Boot“, Lalu pilih option “Minimal” yang ada di bagian bawahnya. Opsi tersebut sebelumnya dalam kondisi tidak ter cheklist. (opsi “Minimal” pada pilihan safe boot tersebut adalah sama dengan pada saat Anda memilih menu Safe Mode dengan menekan tombol F8).
    safe boot minimal pada Windows 7
  • Setelah selesai, silakan Anda Klik tombol OK pada jendela system configuration. Selanjutnya, akan dimunculkan jendela permintaan untuk merestart laptop atau komputer anda. Silahkan Klik tombol restart untuk menghidupkan ulang Windows 7 Anda sekaligus masuk ke safe mode.
Baca:   Cara Menambahkan Menu Masuk Safe Mode Pada Klik Kanan Mouse Di Windows 7 Dan 8

3. Metode Ketiga Cara Masuk Safe Mode (Untuk Windows XP)

Masih gagal masuk ke safe mode pada Windows? Ikuti metode ketiga berikut ini. Bisa jadi, metode ini adalah metode yang dapat anda selesaikan. Metode ketiga ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan metode kedua. Langkah-langkah yang diambil juga cukup mirip.

  • Silakan Anda awali dengan mengakses menu Run. Caranya adalah dengan Klik Start menu, kemudian pilih menu Run. Anda juga bisa menggunakan shortcut Windows + R untuk mengakses jendela Run pada Windows 7.
  • Langkah berikutnya, silahkan anda ketik perintah msconfig, lalu tekan tombol Enter pada keyboard atau Klik tombol OK.
    msconfig pada Windows XP
  • Setelah jendela System configuration ditampilkan, silakan Anda masuk Ke tab boot.ini
    msconfig pada Windows XP
  • Langkah selanjutnya, silakan Anda beri tanda ceklis pada bagian “Minimal” dan “Safeboot
    safe boot minimal pada windows xp
  • Untuk mengakhirinya, Klik tombol Apply, dilanjutkan dengan tombol OK.
  • Agar perubahan bisa segera diaplikasikan, silakan Anda Restart komputer supaya laptop atau PC bisa segera masuk Safe Mode

3 metode cara masuk safe mode pada Windows 7 di atas merupakan metode yang cukup sederhana dan mudah dipraktekan. Dengan masuk ke dalam safe mode pada Windows 7, maka sejumlah pekerjaan yang berkaitan dengan trouble shoting pada hardware maupun software bisa dikerjakan dengan lebih muda, misalnya adalah scanning virus maupun pendeteksian kesalahan pada hardware maupun software. Sekian dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Software browser Google Chrome mempunyai picture in picture mode yang berfungsi bagi anda untuk menjadikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *